Mohon tunggu...
Enok Herlin
Enok Herlin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKNT UPI 2021: Liburan Sekolah Berhenti Belajar? Ayo, Bersama Belajar Tatakrama Bahasa Sunda di Masa Pandemi!

24 Juli 2021   08:10 Diperbarui: 26 Juli 2021   08:29 585 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKNT UPI 2021: Liburan Sekolah Berhenti Belajar? Ayo, Bersama Belajar Tatakrama Bahasa Sunda di Masa Pandemi!
Dok. pribadi

Pada hari Senin, 2 Maret 2020 pertama kali Presiden Indonesia mengkonfirmasi kasus Covid-19. Covid-19 adalah singkatan dari kata 'corona', 'virus', dan 'disease'. Sedangkan angka 19 mewakili tahun saat penyakit itu ditemukan yakni akhir 2019. Virus Covid-19 penularannya sangat cepat. Sehingga sampai saat ini banyak negara yang mengeluarkan kebijakan lockdown. Begitupun di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan pembatasan, diantaranya PSBB, PPKM Jawa-Bali, PPKM Mikro dan PPKM Darurat Jawa Bali. Kebijakan tersebut dilatarbelakangi karena lonjakan kasus Covid-19 dengan harapan mengantisipasi penularan virus tersebut. Salah satu kebijakan pembatasan dalam bidang Pendidikan yaitu Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) atau daring sesuai Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Universitas Pendidikan Indonesia merupakan universitas yang rutin melaksanakan Program Pengabdian pada Masyarakat atau KKN (Kuliah Kerja Nyata). Dalam keadaan pandemi Covid-19 langkah UPI tidak terhenti untuk selalu berinovasi dan mengabdi kepada masyarakat khususnya dalam bidang Pendidikan. Pelaksanaan KKN 2021 gelombang 1 dimulai dari tanggal 1 Juli 2021 sampai 30 Juli 2021 dengan tema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi (KKN Tematik MDBPE-MBKM).

Enok Herlin, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang tengah melaksanakan program KKNT UPI di bawah bimbingan Bapak Drs. Wawan Purnama, M.Si. Tempat pelaksanaan KKNT MDBPE-MBKM di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Pengabdian yang dilakukan yaitu di SDN 2 Pasanggrahan dan Kampung Pasirdamang, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Cilawu, Garut. Setelah mengamati secara langsung, kebanyakan anak-anak menghabiskan waktu luang untuk bermain game. Malah banyak yang kecanduan game online daripada belajar online. Maka dari itu, perlu pendampingan selama siswa (anak-anak) libur sekolah salah satu inisiatif yang dilakukan yaitu mengadakan kelas online belajar tatakrama Bahasa Sunda dengan asyik.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan selama 9 hari dari tanggal 9 Juli 2021 sampai 17 Juli 2021 dengan durasi waktu 1,5-2 jam perhari. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online via whatsapp grup atau video call. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sesuai sasarannya yaitu 10 orang anak-anak, ada yang kelas 5, kelas 6 dan kelas 7 SMP. Sebelum pelaksanaannya, terlebih dahulu membuat poster tentang tatakrama (undak-usuk) Bahasa Sunda. Tahapan pelaksanaannya, pertama pembukaan pembelajaran, kemudian mengirim poster yang berisi tatakrama Bahasa Sunda, setelah itu bersama-sama menghafal dengan cara menyanyikan tatakrama ahasa Sunda, dan terakhir menugaskan siswa membuat kalimat.

Disclaimer: Anak-anak berada di rumahnya masing-masing. Dok. pribadi 
Disclaimer: Anak-anak berada di rumahnya masing-masing. Dok. pribadi 

Tujuan pelaksaan kegiatan tersebut selain dari mengisi waktu liburan sekolah anak-anak, serta diharapkan anak-anak mampu berbicara menggunakan Bahasa Sunda yang baik dan sesuai tatakrama. Belajar tatakrama Bahasa Sunda salah satunya meminimalisasi anak-anak menggunakan Bahasa Sunda kasar, dan diharapkan mampu mempergunakan tatakrama Bahasa Sunda yang sesuai ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Melalui kegiatan tersebut, anak-anak merasa sangat terbantu untuk terus melestarikan dan mempergunakan Bahasa daerahnya dengan baik. Sehingga Bahasa Sunda tidak akan punah.

Penulis: 

Enok Herlin

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Sunda

Universitas Pendidikan Indonesia

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN