Mohon tunggu...
Enny Ratnawati
Enny Ratnawati Mohon Tunggu... Lainnya - penulis lepas,blogger

Enny ratnawati -- Mantan jurnalis -- writerpreneur dan social worker :) Contact me : ennyra23@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

5 Tips Menemukan Passion Anak Remaja

12 Agustus 2022   15:07 Diperbarui: 12 Agustus 2022   15:12 100 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi mencari passion (foto :kompas.com) 

Kita saja yang sudah dewasa dan sudah bekerja bertahun-tahun belum tentu sudah bertemu passion kita apa. Menemukan passion pada anak remaja menjadi tantangan tersendiri.

Cerita seorang kawan sangat menarik. Setahun yang lalu,anaknya diterima di sebuah universitas ternama di China dengan jurusan keuangan. Disaat yang hampir bersamaan juga diterima di kampus dalam negeri lewat jalur SBMPTN dengan jursan arsitektur. Si anak tentu saja sangat bimbang.Begitu pula orang tuanya.

Namun dengan pertimbangan, sejak masih anak-anak,  sang anak sangat menyukai bidang gambar menggambar bahkan sempat ikut les gambar, akhirnya diputuskan mengambil jurusan arsitektur.

Dan kini, disemester tiga, sang anak ternyata benar-benar menunjukkan hasilnya.Bukan hanya kesungguhan yang didapat tetapi juga penguasaan atas materi kuliah terlihat sangat maksimal.

Barangkali inilah disebut sang orang tua dan anak berhasil menemukan passion sang anak sehingga tepat memilih jurusan kuliah.

Passion sendiri menurut dictonary.com dapat diartikan sebagai setiap emosi atau perasaan yang kuat atau memaksa, seperti cinta atau benci.,perasaan atau keinginan yang kuat; cinta dan kasih sayang..

Passion berbeda dengan hobi. Hobi, menruut website yang sama, dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau minat yang dikejar untuk kesenangan atau relaksasi dan bukan sebagai pekerjaan utama.

Jadi passion lebih kepada kecintaan akan sesuatu. Sedangkan hobi, mengejar suatu minat untuk engisi waktu luang misalnya.

Menemukan Passion Remaja

Masalahnya seperti apa menemukan passion pada anak remaja? Remaja ini kita batasi di usia SMP dan SMA. Kalau sampai dewasa saja ,masih banyak yang belum tahu passionnya sebenarnya dibidang apa, apalagi dengan remaja yang ingin memutuskan sekolah selanjutnya atau kuliah dijurusan apa kelak.

Ponakan saya yang masih SMP misalnya sudah sering mengatakan kelak ingin kuliah di fakultas hukum karena memang sangat suka menonton berbagai kasus hukum di Youtube. Namun sebaliknya ponakan yang akan kuliah , dan sudah duduk duduk di SMA kelas 12, saat ini belum juga tahu akan kuliah di bidang apa kelak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan