Mohon tunggu...
Eniman Zai
Eniman Zai Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Universitas Pamulang

Belajar dan Bersabar

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pemanfaatan Komunikasi Bisnis dalam Lingkup Perusahaan

6 Desember 2022   16:45 Diperbarui: 6 Desember 2022   16:58 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Komunikasi merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Semua aspek kehidupan  membutuhkan yang namanya komunikasi, baik itu dalam ruang lingkup yang khusus maupun lingkungan masayarakat luas lainnya. Salah satu contohnya adalah dalam lingkup perusahaan. Dalam peningkatan efektifitas kinerjanya, karyawan membutuhkan berbagai informasi baik itu dari dalam perusahaan itu sendiri maupun dari luar perusahaan.

Dalam memperoleh informasi  tersebut, seorang karyawan harus benar-benar memiliki kemapuan untuk berkomunikasi yang baik. Lalu apakah komunikasi yang baik dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan perusahaan? Jawabannya Ya. Tentu akan sangat berpengaruh. Misalnya seorang karyawan yang diberikan tugas oleh manajer perusahaannya untuk menyelesaikan suatu tugas penting dalam perusahaan. Tentunya dalam penyampaian tugas tersebut membutuhkan komunikasi yang baik dan jelas antara manajer dan karyawan sehingga informasi yang dibutuhkan oleh karyawan dapat disampaikan dan diterima dengan baik.

Komunkasi bisa terjadi kapan pun dan dimana pun. Dalam perusahaan terdapat dua jenis komunikasi. Komunikasi tersebut adalah komunikasi yang secara vertikal dan komunikasi  secara horizontal. Apa yang dimaksud dari kedua komunikasi tersebut?

Komunikasi vertikal adalah komunikasi  yang terjadi antara atasan dan bawahan begitupun sebaliknya. Sementara itu, komunikasi horizontal adalah komunikasi yang terjadi antara karyawan dengan karyawan atau dengan kata lain adalah komunikasi yang terjadi antara pihak yang satu dengan yang lain yang memiliki tingkat, kedudukan dan jabatan yang sama.

Di era yang semakin  canggih ini, pembelajaran tentang komunikasi yang baik dapat kita peroleh kapan saja dan dimana saja. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial yang tersedia. Dari situs-situs internet juga kita dapat belajar bagaimana cara  menjalin komunikasi yang baik dengan sesama, bagaimana komunikasi yang harus kita gunakan ketika kita lagi berada di lingkungan formal dan tidak formal.

Tujuannya adalah tidak terlepas dari manfaat komunikasi tersebut. Adapun manfaat komunikasi yang baik adalah menyampaikan informasi dengan jelas dan tepat sehinngga si penerima dapat mengerti dan tidak terjadi kesalahpahaman. Dalam dunia komunikasi ada dua istilah yaitu komunikator sebagai pemberi informasi dan komunikan sebagai penerima informasi.  Jika komunikator berhasil menyampaikan informasi dengan baik dan benar  maka komunikan dapat memberikan umpan balik (feedback) yang diharapkan serta tidak menimbulkan makna ganda atau ambigu.

Nah dari penjelasan di atas tentunya kita sudah mengerti apa itu komunikasi yang baik bukan?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun