Mohon tunggu...
Endang Lpardede
Endang Lpardede Mohon Tunggu... Bidan - pelaksana

saya adalah seorang istri dari laki laki yang mencintai saya

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Mundur untuk Menang

24 Oktober 2023   18:45 Diperbarui: 25 Oktober 2023   16:47 313
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Endang Lastrita Pardede  (Diambil pada saat wisuda menempuh S1)

Sebagian orang berpikir pengertian dari  mundur adalah kalah
atau mundur berarti berhenti berjuang.

Ternyata pengertian mundur tidak selalu kalah atau berhenti berjuang.

salah satu contoh yang di ambil dari setiap perlombaan yang sering di lakukan
yaitu Tarik Tambang.

nah kita bisa belajar dari permainan ini yang mengajarkan kita
menuju kemenangan tidak selalu harus maju.
yah permainan ini memang sangat inspiratif bagi kita yang kadang harus mundur dulu untuk mencapai sesuatu yang harus kita kejar.

kenapa saya mengambil judul 'Mundur untuk Menang"
ini saya ambil dari perjalanan saya dalam mencapai S1 saya dan juga dalam pekerjaan saya.

Memang ini bagi sebagian orang sangat kecil tapi bagi saya sangat luar biasa.

Mungkin dalam melanjutkan kuliah saya saya harus mundur dari hal-hal
-sering nongkong bersama teman
-mengikuti perkembangan gaya hidup
-jajan berlebihan dengan teman
-atau yang lainya.

Dibalik semua ini saya bisa menyelesaikan S1 dan mungkin beberapa orang tidak mampu melakukan apa yang saya capai saat ini karena mereka belum mampu mundur untuk menang.

Atau
bisa saya ambil contoh dalam karir
yah mungkin dalam mengerjakan sesuatu atau tambahan job di kantor akan mendapatkan upah tambahan juga.
yah pasti semua kariawan akan tertarik dengan hal ini.
siapa yang tidak mau dengan tambahan saleri.
Beberapa kariawan akan mengejar ini atau bahkan menghalalkan segala cara.
tapi saya lebih baik mundur untuk menang.
atau bisa membuat aturan pribadi unit yang membuat terjadilah nepotisme
atau ada beberapa orang pintar cari muka supaya bisa di pilih.

lah kok mundur untuk menang,
emang kalo mundur bisa menambah saleri?
yah memang tidak bisa untuk menambah saleri saya,
tapi bisa menciptakan kenyamanan saya dalam bekerja dan yang pastinya tidak bertambah juga tanggung jawab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun