Biologi adalah salah satu bidang ilmu yang memuat banyak materi abstrak dan tidak terlihat secara langsung. Materi yang abstrak dan tak kasat mata ini sering menyebabkan kesalahpahaman dan prestasi akademik yang rendah.
Untuk menjawab tantangan ini, pendekatan pembelajaran aktif berbasis teknologi (Technology-Enabled Active Learning/TEAL) mulai diadopsi secara luas. Salah satu inovasi yang menonjol adalah penggunaan Augmented Reality (AR), teknologi yang mampu memvisualisasikan konten abstrak dan tak kasat mata dalam pelajaran Biologi menjadi pengalaman belajar yang konkret dan menarik.
Studi terbaru oleh Suwantarat et al. (2025) menunjukkan bahwa handout berbasis AR---yang menampilkan gambar kultur bakteri, pewarnaan Gram, dan informasi klinis dalam format 2D interaktif---dapat meningkatkan motivasi dan kepuasan belajar mahasiswa kedokteran. Meski hasil akademik antara kelompok AR dan kelompok tradisional relatif sebanding, mahasiswa yang menggunakan AR merasa lebih terlibat dan termotivasi.
Di tingkat sekolah menengah, AR juga terbukti membantu siswa memahami konsep biologi yang kompleks. Materi seperti struktur sel, proses metabolisme, dan interaksi mikroba yang sebelumnya sulit dibayangkan kini dapat divisualisasikan dengan jelas. Siswa melaporkan bahwa AR membuat pelajaran lebih menyenangkan, meningkatkan partisipasi, dan memperbaiki sikap mereka terhadap biologi.
Ke depan, pengembangan materi AR dengan resolusi gambar lebih tinggi, desain yang menarik, dan fitur interaktif yang lebih kaya sangat dianjurkan. Integrasi AR dalam kurikulum dan buku pelajaran bukan hanya tren, tetapi solusi nyata untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan pemahaman visual dalam pendidikan sains.
Referensi:
Erba, ., & Yenmez, A. A. (2019). The effects of augmented reality on students' academic achievement and motivation in a biology course. Journal of Computer Assisted Learning, 35(3), 450--458. https://doi.org/10.1111/jcal.12357
Suwantarat, N., Chotipanich, C., & Chotipanich, S. (2025). The effectiveness of augmented reality handouts for learning microbiology in medical students. Journal of Microbiology and Biology Education.
Weng, C., Otanga, S., Christianto, S. M., & Chu, R. J.-C. (2019). Enhancing Students' Biology Learning by Using Augmented Reality as a Learning Supplement. Journal of Educational Computing Research, 58(4), 747-770. https://doi.org/10.1177/0735633119884213Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI