Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Untuk Pertama Kalinya, TV Turki Menyelenggarakan Debat Kandidat dalam Pilkada Ulang Istanbul

11 Juni 2019   14:56 Diperbarui: 11 Juni 2019   15:08 0 3 1 Mohon Tunggu...
Untuk Pertama Kalinya, TV Turki Menyelenggarakan Debat Kandidat dalam Pilkada Ulang Istanbul
Imamoglu dan Yildirim (dok.sabahdaily)

TV Turki akan menayangkan secara langsung, acara debat kandidat antara dua calon walikota Istanbul. Ini adalah acara perdana yang diselenggarakan TV Turki, selama ini belum pernah ada acara serupa di Turki.

Dua calon yang bertarung adalah Binali Yildirim dari AK Parti dan Imamoglu dari partai CHP. Seluruh TV Turki akan menayangkan secara serentak pada tanggal 16 Juni nanti.

Debat kandidat ini merupakan rangkaian proses menuju pilkada ulang pada tanggal 23 Juni mendatang. Pilkada sebenarnya  yang dilakukan pada tanggal 31 Maret lalu ditengarai penuh dengan kecurangan.

Binali Yildirim adalah mantan Perdana Menteri Turki dan juga Ketua parlemen. Ia dipercaya AK Parti dan beberapa partai yang berkoalisi untuk terjun sebagai kandidat walikota Istanbul. Secara logika, dukungan terhadap Yildirim sangat kuat.

Yildirim berhadapan dengan Imamoglu yang menjadi andalan partai sekuler dan oposisi.Imamoglu sebelumnya adalah walikota dari distrik Beylikduzu, Istanbul. 

Sangat disayangkan, pada hasil Pilkada 31 Maret, perolehan suara Binali Yildirim jauh di bawah ekspektasi. Ia kalah dengan Imamoglu. Setelah diselidiki, ternyata banyak kecurangan terjadi. Suara untuk Yildirim dihilangkan oleh oknum petugas perhitungan suara.

Selisih suara yang hilang mencapai ribuan. Seharusnya Binali Yildirim mendapatkan 28 000 suara, tetapi yang dipublikasikan hanya 13.729 suara.

AK Parti melaporkan temuan kecurangan disertai bukti yang otentik kepada Supreme Election Council (YSK). Hasil Pilkada tersebut kemudian dianulir dan diputuskan untuk melaksanakan Pilkada ulang pada tanggal 23 Juni.

Kedua calon sekali kembali gencar berkampanye untuk meraih dukungan terbesar dari masyarakat Istanbul.  Binali melakukan pendekatan yang intensif kepada masyarakat suku Kurdi yang ada di Istanbul, karena banyak di antara mereka yang mendukung Imamoglu.

Sedangkan Imamoglu masih yakin bahwa dia akan kembali memenangkan Pilkada Ulang. Kaum oposisi dan partai sekuler berusaha mati matian mengalahkan dominasi AK Parti. Mereka ingin menguasai Istanbul, kota terbesar di Turki yang merupakan saksi bisu penaklukan Konstantinopel.

AK Parti berusaha melakukan pengawasan yang ketat agar tidak terjadi kecurangan. Jika Yildirim kalah, efeknya akan buruk bagi pemerintahan Erdogan.

Debat Kandidat, adalah acara yang ditunggu tunggu masyarakat Istanbul. Di sini akan terlihat bagaimana kedua calon menyampaikan visi dan misinya untuk Istanbul. 

Binali Yildirim jauh lebih berpengalaman dalam hal pemerintahan. Selama ini ia selalu berada dalam barisan pemerintahan Erdogan. Banyak kemajuan yang telah dicapai oleh Turki. 

Turki agak ketinggalan dari Indonesia yang sudah sejak beberapa tahun lalu menyelenggarakan debat kandidat. Mungkin tadinya tidak dianggap penting dan kurang berpengaruh terhadap masyarakat.