Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Omiyage, Cara Asyik Berbagi Kehangatan Bersama Handai Tolan

7 Juni 2016   22:09 Diperbarui: 8 Juni 2016   04:02 122 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Omiyage dari HokBen (dok.pribadi)

Ada banyak cara untuk berbagi kehangatan bersama keluarga dan teman-teman. Kita bisa berkumpul dalam suatu acara, baik resmi maupun tidak. Salah satu cara yang paling mudah adalah makan-makan di suatu tempat. Kita pilih saja lokasi, bisa di rumah atau di restoran, bahkan juga bisa di sebuah taman, yang penting tempat itu memadai untuk berkumpul dalam jumlah yang kita inginkan. Kemudian, kita tentukan makanan apa yang akan menjadi pengisi acara berkumpul tersebut.

Nah, kita tidak perlu pusing dalam memilih makanan. Toh ada Hoka-hoka Bento yang siap mengantar makanan lezat dan sehat dalam waktu singkat. Apalagi sekarang Hokben telah mengeluarkan paket menu terbaru yang disebut Omiyage. Omiyage adalah paket makanan yang terbungkus dalam satu kotak dengan porsi untuk beberapa orang. Ada dua paket Omiyage, pertama adalah paket untuk empat orang dan kedua adalah paket untuk enam orang.  Kita tinggal menyesuaikan saja mana yang dipilih dengan jumlah orang yang sedang berkumpul. Kalau ada delapan orang, pesan dua paket untuk empat orang. Kalau lebih dari itu, bisa pilih yang paket lainnya.

Hidup di kota besar membuat kita tidak punya waktu untuk memasak. Padahal adat orang Indonesia senang berkumpul bersama-sama sambil makan-makan. Omiyage menjadi solusi jitu dalam memenuhi kebutuhan kita akan hal tersebut. Bayangkan saja, jika kita ingin merayakan ulang tahun secara sederhana dan praktis, kita tinggal memesan Omiyage melalui layanan delivery service. Kita tinggal ongkang-ongkang kaki sambil ngobrol menunggu kedatangan Omiyage. Tidak ada waktu dan tenaga yang terbuang percuma, cukup menikmati omiyage sembari bersenda gurau dengan kerabat yang hadir. 

Kelebihan dari HokBen adalah selalu menyajikan makanan yang lezat dan sehat.  Makanan mengandung gizi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita.  Ada banyak protein yang berasal dari daging, ayam, sea food yang menjadi bahan dasar makanan. Begitu pula kandungan  vitamin dari sayur-sayuran yang diolah nikmat dan dimakan dengan saus mayonaise dsb. Kita tidak perlu kuatir memakan junk food, karena HokBen bukan sejenis  makanan itu. Kita tahu bahwa orang Jepang lebih menyukai makanan sehat daripada junk food.

Paket Omiyage untuk empat orang berisi Chicken Katsu, Ebi Fried, Egg Chicken Roll, Edamame (kedelai Jepang), Chicken Teriyaki, Yakiniku Beef Teriyaki, Yakiniku dan Acar. Harganya sekitar Rp 150 000-an, belum terhitung pajak.  Sedangkan  paket Omiyage untuk berenam berisi Chicken Katsu, Ebi Fried, Shrimp Roll, Chicken Teriyaki, Yakiniku dan Beef Teriyaki atau Yakiniku dalam dobel porsi, Edamame, nasi dan acar. Harganya berkisar Rp 250.000-an, belum termasuk pajak. Tapi ada bonusnya lho, untuk setiap pembelian paket diberi satu teh botol Sosro kemasan kotak.

Walau judulnya paket untuk berempat dan berenam, tidak berarti porsinya pas-pasan. Jika yang memakan bukan orang yang rakus (maaf), paket berempat pun bisa dimakan oleh lima orang. Begitu pula dengan paket berenam, bisa dimakan lebih dari enam orang. Maka sajian Omiyage memang paling tepat untuk acara makan rame-rame. Kita bertambah akrab dalam suasana yang penuh kehangatan. Omiyage dapat menyatukan kita dalam kenikmatan, berbagi kehangatan melalui kelezatan. Inilah yang sebenarnya diusung HokBen yaitu "Share to love dan Love to Share".

Berhubung sekarang bulan Ramadhan, maka tak salah jika paket Omiyage menjadi pilihan berbuka bersama teman-teman atau keluarga. Bayangkan, orang tua yang bekerja pasti ingin 'bela-belain'  bisa berbuka puasa di rumah beserta anak-anak. Tak mungkin mereka mempunyai waktu untuk menyiapkan makanan. Nah, dengan memesan Omiyage, maka problem makanan untuk berbuka puasa menjadi selesai. Begitu pula jika kita bersama teman-teman terjebak di kantor atau di tempat lain, padahal waktu berbuka akan tiba, tak perlu panjang pikir, Omiyage akan menjadi teman berbuka yang tepat dan nikmat.

Kreasi HokBen Untuk Bekal Anak

Beberapa waktu yang lalu Hokben mengundang kompasianers untuk berbagi ilmu. Acara ini dilangsungkan di gerai HokBen yang berada di Pasar Festival, Kuningan, Jakarta Selatan. Kami dipandu step by step untuk membuat kreasi makanan, tepatnya adalah cara membuat bekal untuk anak sekolah dengan makanan-makanan dari HokBen.  Mbak Pristi yang sudah ahli memadu makanan ala Jepang membeberkan rahasianya agar bekal makanan menjadi asyik dan menarik untuk anak-anak. 

Membuat bekal, atau dalam sebutan Jepangnya kyaraben memerlukan peralatan juga, ada gunting, pisau, tusuk gigi dan plastik wrap yang biasa dipakai untuk membungkus. Lalu ada peralatan khusus bernama mini puncher yang digunakan untuk mencetak hiasan yang kita inginkan, misalnya membuat mata, telinga atau rambut. Biasanya yang dicetak adalah lembaran tipis yang terbuat dari rumput laut yang disebut Nori (ini bukan nama mpok Nori lho). Kemudian kita berimajinasi atau berkhayal, bentuk apa yang  akan kita ciptakan, wajah anak yang lucu atau tokoh kartun, terserah.

Pertama, menyiapkan makanan-makanan yang akan dijadikan bekal, misalnya beberapa shrimp roll, yakiniku dan  salad. Lalu kita menyiapkan pula peralatan yang dibutuhkan, misalnya kotak kemasan makanan, plasti wrap dan gunting. dan benda-benda lain yang telah disebutkan di atas. Jangan lupa ada unsur makanan warna-warni untuk membuat karakter agar menarik dan bercorak karena pada umumnya anak-anak menyukai warna yang mencolok. Sebagai contoh, warna oranye kita dapatkan dari wortel, sedangkan warna merah dari saus tomat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan