Mohon tunggu...
Denny Boos
Denny Boos Mohon Tunggu... Profesional

Panggil saja Kezia. Menyukai hal-hal sederhana. Senang jalan-jalan, photography, sepedaan, koleksi kartu pos UNESCO, yoga. Senang berdiskusi tentang bangunan tahan gempa. Tinggal di Berlin.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Serunya Perayaan HUT ke-74 RI ala MasInJer di Berlin

21 Agustus 2019   00:48 Diperbarui: 22 Agustus 2019   03:02 0 12 7 Mohon Tunggu...
Serunya Perayaan HUT ke-74 RI ala MasInJer di Berlin
Semangat Merdeka dari Masinjer (Masyarakat Indonesia di Jerman)!

Rupanya, saya sudah sangat lama tidak menulis di Kompasiana. Awalnya, karena tidak bisa log-in dari Firefox dan menjadi keterusan nggak menulis. Oh ya, MasInJer itu adalah grup Masyarakat Indonesia di Jerman yang kami setting tertutup di facebook. 

Sejauh ini sekitar 1.500 an anggota. Kami cukup aktif berinteraksi, mulai dari tanya-jawab seputar kehidupan di Jerman, jual beli bagasi dari Indonesia ke Jerman dan sebaliknya serta berbagi pengalaman dll. 

Sempat saya ingin membuatkan account Kompasiana Masinjer beberapa waktu lalu karena ada banyak informasi terkait hidup di Jerman yang bagus untuk dibagikan dalam bentuk tulisan. 

Sayangnya, saya belum berhasil membuat account tersebut. Jadi kali ini, berhubung masih berdekatan dengan 17-an, saya ingin berbagi (lewat account pribadi saya dahulu) perihal keseruan 17-an kami minggu lalu.

Adalah Berlin yang terpilih untuk tempat berkumpul MasInJer tahun 2019 ini, setelah pertemuan pertama tahun 2018 lalu, yang menang voting grup adalah Munchen dengan event Oktoberfest nya. 

Edisi Ngumpul pertama tahun 2018 saat Oktoberfest (credit photo: Intan H)
Edisi Ngumpul pertama tahun 2018 saat Oktoberfest (credit photo: Intan H)
Berkumpul dengan teman-teman dari tanah air memang selalu menyenangkan hati dan dinanti. Beda saja rasanya! Bukan saja perihal bahasa yang sama, selera makanan dan minuman nya yang banyakan sama, tapi juga kultur yang sudah dibawa dan melekat itu membuat cara berinteraksi terasa lebih dekat dan cepat.

Rencana berkumpul di Berlin tahun ini sengaja dibuat bisa berdekatan dengan perayaan HUT ke-74 RI. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, seperti itulah kira-kira tujuannya. 

Perantau mana coba yang tidak ingin merayakan HUT RI bersama-sama di kedubes nya, bukan? Karena itu, setelah kami dapat informasi perayaan Pesta Rakyat tersebut, kami pun mengatur waktu ketemuan grup MasInJer di tanggal 16 Agustus 2019 kemarin di bekas bandara Tempelhof Berlin.

Lapangan bekas airport Tempelhof Berlin (diujung sana, terlihat bedeng kaya container yang dibangun untuk pengungsi)
Lapangan bekas airport Tempelhof Berlin (diujung sana, terlihat bedeng kaya container yang dibangun untuk pengungsi)
Jumat sore, langit Berlin sempat terlihat mendung. Pertemuan yang direncanakan mulai pukul 15:00 itu sempat dikuatirkan mundur. Memang mundur juga waktunya, tapi bukan karena hujan melainkan karena alasan masing-masing yang berbeda.  

Belum lagi, tempat bertemu di area barbecue di bekas bandara Tempelhof itu susah ditemukan oleh beberapa teman. Tempatnya luas sekali memang. Bekas bandara itu kini difungsikan sebagai public park, tempat berolahraga dan juga ada 3 tempat untuk barbecue. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x