Mohon tunggu...
Ekmal Medan
Ekmal Medan Mohon Tunggu... Freelance Writer, Suka Motret dan Rebahan

...........

Selanjutnya

Tutup

Digital

Grab Super App Asisten Terbaik Saya

3 Desember 2019   12:27 Diperbarui: 5 Desember 2019   11:56 0 0 0 Mohon Tunggu...
Grab Super App Asisten Terbaik Saya
Fitur dan layanan Grab makin beragam. Sebagai Super App, Grab benar-benar menjadi aplikasi untuk semua kegiatan/kebutuhan warga. | dokpri

Di era digital seperti saat ini, hidup dituntut serba cepat sekaligus ringkas dan efisien. Dari bangun tidur hingga ngiler  lagi, tak ada agenda hidup yang bisa betul-betul jauh dari layanan digital. Dan syukurnya, semua itu bisa dikontrol dalam genggaman lewat alat bernama telepon pintar.

Beruntung, saya yang berasal dari generasi X sangat terbantu menjalani hidup di tengah hiruk pikuk revolusi teknologi informasi.Telepon pintar, kencangnya jalur internet plus hadirnya ribuan aplikasi  membuat hidup lebih bergairah.

Dan makhluk Gen-X ini adalah salah satu penginstall Grab SuperApp. Saya merasa wajib gunakan Grab karena startup decacron ini punya banyak layanan dalam satu aplikasi. Komplit dan benar-benar #AplikasiUntukSemua.  

Jika dulu saat awal hadir, Grab hanya punya layanan taksi daring (GrabCar) dan ojek online (GrabBike), maka seiring kebutuhan zaman, Grab juga menyediakan jasa kurir (GrabExpress), pemesanan makanan (GrabFood), hingga belanja bulanan (GrabFresh), dan beli pulsa telepon maupun pulsa listrik.

Tampilan muka Aplikasi Grab di Smartphone. Layanan pulsa/token sangat membantu. | dokpri
Tampilan muka Aplikasi Grab di Smartphone. Layanan pulsa/token sangat membantu. | dokpri
Drama Habis Pulsa Listrik
Ngomong soal pulsa PLN, saya jadi teringat kejadian beberapa waktu lalu. Suatu malam saat tidur lelap saya mengalami drama rumah kehabisan pulsa stroom. Rumah tiba-tiba gelap gulita saat dini hari memang bikin nggak nyaman. Bikin blingsatan.

Bila ini terjadi 10 tahun lalu, sebuah masa dimana untuk beli token PLN hanya bisa dilakukan di mesin ATM atau di kasir mini market, tentu kehabisan "pulsa" PLN seperti yang saya alami berasa sebuah bencana kecil sekaligus bikin keki.

Daripada pagi buta ke ATM atau nyari minimarket lebih baik lanjut tidur bergelap-gelapan. Peduli amat kipas angin atau AC mati dan udara rumah jadi sumuk. Lalu bangun pagi jadi drama, sebab air bak mandi tinggal hitungan ruas jari akibat pompa nggak bisa nyala.Dramanya ngalahin drakor tentunya!

Tapi syukurlah, drama itu nggak kejadian saudara-saudara. Sebab kini urusan beli pulsa listrik pun sangatlah mudah. Cukup dengan lima langkah tab dan scroll di Grab Super App, token PLN langsung didapat. Semua bisa dilakukan di tempat tidur pula. Nggak perlu kelayapan bersaing ama bangsa lelembut di tengah pagi buta. Dan asyiknya lagi, biaya administrasi pembelian token PLN ini ekonomis hanya dua ribu rupiah.

dokpri
dokpri
GrabFood dan Gulai Kepala Ikan
Sebelum menggunakan Grab untuk beli pulsa listrik, saya dulunya lebih sering memakai aplikasi ini untuk pesan taksi online/ojek online dan pastinya paling sering pesan makanan (GrabFood). Saat ngejar deadline di kantor, bareng teman-teman biasanya kami patungan beli kopi atau camilan sehat bergizi.

Tapi yang paling berkesan buat saya dari GrabFood adalah kemampuannya menemukan merchant (kedai nasi, rumah makan, gerai kuliner) yang tak sekadar berharga terjangkau, tapi juga punya menu istimewa.Maknyus lezatos.

Lewat fitur Nearby di GrabFood plus sistem rating yang presisi,  saya akhirnya jadi langganan sebuah rumah makan Padang. Rumah makan mungil di pinggir jalan Jakarta -- Tangerang Selatan ini punya menu kesukaan saya: Gulai Kepala Ikan Kakap.

Gulai Kepala Ikan Kakap sebenarnya bukan menu rumit. Tapi tidak semua rumah makan menyediakannya. Dan kalau pun ada, rasanya tidak pernah pas di lidah saya. Harganya tidak murah pula.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN