Mohon tunggu...
Emanuel Fernandez Numba
Emanuel Fernandez Numba Mohon Tunggu... Guru - Saya adalah seorang guru pada sebuah sekolah kecil di kota yang kecil diujung timur pulau Flores. Flores Timur adalah sebuah kabupaten kepulauan di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Guru adalah profesiku. Menjadi guru bukanlah sebuah pilihan namun akhirnya bukan hanya sekedar keterpaksaan tapi menjadi sebuah pegangan hidup. Menjadi guru itu sebuah kenikmatan abadi. Sejak tahun 2007 saya mengikrarkan diri menjadi seorang Guru namun menjagi guru sesungguhnya baru muncul setelah 2 tahun mengabdi. SMPK St. Gabriel Sarotari Larantuka adalah sekolah pertama temaptku mengabdi selama 2 tahun. kemudian tahun 2009, mengambil langkah untuk mutasi SMAS Katolik Frateran Podor yang merupakan almameterku hingga saat ini. Banyak kegiatan dan pelatihan yang telah di ikuti untuk melengkapi CV sebagai seorang guru diantaranya Sebagai Instruktur Kurikulum 2013, sebagai Helpdesk UNBK, dan sekarang sebagai seorang Calon Guru Penggerak.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pramuka sebagai Wadah Pembelajaran MIPA di Alam

24 November 2021   05:18 Diperbarui: 24 November 2021   05:48 255 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

PRAMUKA SEBAGAI WADAH PEMBELAJARAN MIPA DI ALAM

Gerakan pramuka merupakan salah satu bentuk kegiatan pendidikan karakter yang dilakukan di alam terbuka dalam bentuk kegiatan yang mendidik dan menyenangkan. 

Gerakan pramuka mempunyai tujuan mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya sehingga menjadi : 

a) manusia berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur yang: 1) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental, emosional, dan tinggi moral sesuai dengan dasa dharma pertama pertama 2) tinggi kecerdasan dan mutu ketrampilannya sesuai bunyi dasa dharma ke-2 3) kuat dan sehat jasmaninya 

b) warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab, atas pembengunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan, baik lokal, nasional, maupun internasional ( Kepres RI no: 24 Th 2009, ps 5 ). 

Sejalan dengan Kepres RI bahwa pramuka merupakan pendidikan non formal yang penting bagi siswa disemua jenjang pendidikan untuk belajar mandiri dan berorganisasi serta membentuk kelompok yang kompak untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan tetapi memiliki nilai didik yang tinggi.

Dalam kegiatan kepramukaan, berkemah merupakan salah satu syarat yang tercantum dalam SKU. Hal ini menjadi keharusan bagi peserta didik untuk dapat menempuh persyaratan di dalam SKU tersebut. 

Dengan kata lain peserta didik harus dapat bersatu dengan alam, dimana dalam acara perkemahan tersebut peserta didik dapat melaksanakan kegiatan berupa upacara di alam terbuka, outbond di alam, dan penjelajahan di alam terbuka, serta mempelajari dan mengambil gambar berbagai macam tumbuhan dan hewan yang ada disekitar perkemahan untuk diklasifikasikan sesuai dengan jenisnya. 

Selain itu juga bahwa peserta dapat menerapkan berbagai macam teori yang telah didapatnya di bangku sekolah seperti Fisika, Kimia, Biologi dan bahkan rumus-rumus matematika. 

Sebagai contoh peserta didik dapat menggunakan rumus-rumus fisika dalam menghitung jarak tempuh dalam suatu kegiatan penjelajahan, menghitung tinggi pohon, menghitung lebar sungai dengan menggunakan teori matematika, bahkan dapat menghitung berapa kecepatan arus laut/sungai. 

Dalam bidang biologi, peserta didik dapat mengetahui berbagai macam jenis tumbuhan dan hewan serta dapat mengelompokannya ke dalam kelasnya masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan