Mohon tunggu...
Elvira Prastia
Elvira Prastia Mohon Tunggu... Elvira Ika Prastia

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Mengenal Budaya dan Pariwisata Kediri dengan Sadulur Kadiri

16 Juni 2019   19:20 Diperbarui: 16 Juni 2019   19:30 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mengenal Budaya dan Pariwisata Kediri dengan Sadulur Kadiri
dokpri

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki pesona alam yang indah dan terbentang disetiap pulaunya, tak heran jika negara yang memiliki banyak pulau ini dijadikan destinasi wisata oleh wisatawan domestik maupun manca negara. Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki tempat-tempat pariwisata buatan yang saat ini mulai berkembang pesat. 

Kediri, salah satu daerah yang memiliki tempat wisata buatan yang bentuknya menyerupai Arc de triomphe de l'toile yang ada di Paris dan menjadi Landmark Kediri yaitu Simpang Lima Gumul. Selain tempat wisata Kediri juga memiliki budaya, kesenian, kerajinan, kuliner, hingga peninggalan sejarahnya yang unik dan beragam.

Dengan melihat potensi wisata dan budaya yang ada di daerah Kediri serta perkembangan teknologi ilustrasi digital saat ini yang sangat pesat dan banyak diminati masyarakat, empat mahasiswa asal UM membuat membuat inovasi ilustrasi karakter digital yang bernama Sadulur Kadiri.

Sadulur Kadiri diciptakan oleh empat mahasiswa UM yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewiraudahaan (PKM-K) yang beranggotakan Leny Suryani, Rahmi Rabbani, Dwi Yudi Novitasari, dan Elvira Ika Prastia. Sadulur Kadiri merupakan kumpulan lima karakter ilustrasi yang terinspirasi dari tempat wisata, kesenian, kuliner dan budaya yang ada di daerah Kediri. 

Lima karakter tersebut memiliki nama masing-masing yaitu Si Gumul, Klud, Ranan, Poh dan Tata. Menurut bahasa, sadulur berarti saudara atau sanak dan Kadiri berarti Kediri jadi dapat disimpulkan bahwa kelima karakter tersebut adalah lima orang dengan karakter berbeda, bersatu menjadi saudara yang berasal dari Kediri.

Ingin tahu dari mana insprirasi karakter-karakter Sadulur Kediri berikut penjelasannya :

Karakter pertama yaitu Si Gumul, dilihat dari bentuk dan namanya pasti sangat mudah ditebak, Karakter satu ini terinspirasi dari tempat wisata buatan yang menjadi landmark daerah Kediri dan disebut sebagai replika Arc de triomphe de l'toile yang ada di Paris yaitu Simpang Lima Gumul.

Klud, karakter ini terinspirasi dari gunung yang terkenal di daerah Kediri dan Jawa Timur yaitu Gunung Kelud. Karakter ketiga, Ranan, terinspirasi dari salah satu budaya yang khas di Jawa Timur dan juga Kediri,yaitu Jaranan.

Keempat yaitu Poh yang terinspirasi dari tempat ibadah di Kediri yakni Gereja Pohsarang. Karakter yang terakhir Tata, karakter ini terinspirasi dari salah satu makanan khas daerah Kediri dengan warnanya yang kuning yaitu Tahu Takwa. Mungkin masih banyak yang belum tahu apa saja budaya dan tempat wisata di Kediri maka dengan dibuatnya karakter-karakter tersebut dapat mengedukasi serta menambah daya tarik para wisatawan untuk pergi ke Kediri.

Tidak hanya disajikan dalam bentuk digital karakter yang unik dan menarik saja, Sadulur Kadiri hadir dalam bentuk nyata yaitu dengan bentuk merchandise seperti gantungan kunci, T-shirt (kaos), dan miniatur Simpang Lima Gumul. Merchandise yang dibuat tentunya memiliki tidak hanya berbentuk karakter saja, di dalam merchandise khususnya T-shirt tersebut masyarakat juga akan tahu bahasa atau kata-kata khas dari daerah Kediri seperti Peh, Cah, Kuwi, Ugong, To yang dilengkapi dengan arti dari kata-kata tersebut. Merchandise Sadulur Kadiri tidak hanya dipasarkan di daerah Kediri, tetapi juga daerah-daerah Jawa Timur lain seperti Malang. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Sadulur Kadiri dan ingin memiliki merchandisenya bisa cek di instagram @sadulurkadiri_.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x