Mohon tunggu...
Elvidayanty Darkasih
Elvidayanty Darkasih Mohon Tunggu... Pekerja lepas

Kontributor radio, membuat konten untuk radio.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Potongan Nanas yang Menyegarkan dalam Pindang Kepala Ikan Patin

22 Januari 2021   17:22 Diperbarui: 22 Januari 2021   17:43 170 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Potongan Nanas yang Menyegarkan dalam Pindang Kepala Ikan Patin
Pindang kepala ikan patin dan nanas. (Foto : Elvidayanty)

Setiap membuka kulkas di rumah kakak, sering saya temukan bagian kepala ikan yang tak kunjung dimasak, paling sering kepala ikan patin dan ikan nila. Kakak saya mengeluhkan anak-anaknya yang tidak doyan bagian kepala ikan apa saja, mungkin karena tulangnya lebih banyak dibandingkan bagian lain seperti badan dan ekor. 

Bagian kepala ikan, buat saya paling nikmat diolah menjadi menu yang ada kuahnya. Kali ini, karena saya baru saja membeli nanas dengan harga murah, saya memasak pindang kepala ikan patin dan nanas.

Menu pindang ini masih simpang siur berasal dari mana, masih sering saya mendengar saling klaim antara daerah Palembang dan Jambi. Jika menu pindang kepala ikan di rumah makan atau di restoran, sebagian besar bumbu hanya dicincang kasar, saya memilih menghaluskan semua bumbunya. 

Setelah mengupas dan memotong nanas, saya menyiapkan bumbu untuk memasak pindang. Cabe merah, kunyit, terasi bakar,bawang putih dan bawang merah, laos, jahe, dan gula aren dihaluskan. Bagi yg doyan pedas, bisa menambahkan cabe rawit. Sereh, daun kunyit, daun jeruk dan daun salam juga dibutuhkan supaya rasa dan aroma pindangnya makin nikmat. 

Bahan-bahan olahan pindang ikan patin dan nanas. (Foto : Elvidayanty)
Bahan-bahan olahan pindang ikan patin dan nanas. (Foto : Elvidayanty)

Bagi yang tidak suka nanas, nanas bisa diganti dengan tomat cherry (tomat kecil). 

Bumbu yang sudah dihaluskan ditumis hingga harum, lalu masukkan sereh yang sudah digeprek, daun kunyit, daun salam dan daun jeruk. Setelah ditumis, tambahkan air dan aduk rata hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan kepala ikan patin, masak dengan api kecil. Saat kepala ikan patin setengah matang, masukkan potongan nanas, tambahkan garam secukupnya. 

Proses memasak pindang kepala ikan patin dan nanas. (Foto : Elvidayanty)
Proses memasak pindang kepala ikan patin dan nanas. (Foto : Elvidayanty)

Potongan nanas membuat rasa kuah pindang asam manis gurih. Setelah api kompor dimatikan, masukkan daun kemangi ke dalam kuah pindang yang masih panas. 

Pindang kepala ikan patin dan nanas ini bisa dinikmati sebagai lauk makan nasi. Kalau kakak saya, makan pindang kepala ikan ini tanpa nasi, "biar fokus ke rasa pindangnya," ucap dia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
22 Januari 2021