Mohon tunggu...
Elrisa Thiwa Nadella
Elrisa Thiwa Nadella Mohon Tunggu... Blogger

Learner | Blogger www.taruihbaraja.com

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

10 Pilihan Aplikasi untuk Mengisi Waktu Ngabuburit

24 April 2021   22:10 Diperbarui: 24 April 2021   22:21 490 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Pilihan Aplikasi untuk Mengisi Waktu Ngabuburit
Gambar 1. Ilustrasi zoom meeting. Foto oleh lucas law via Unsplash   

Saya berpikir dahulu ketika ditanya apa aplikasi favorit sebagai teman ngabuburit alias saat menunggu sore atau menunggu waktu berbuka puasa. Soalnya saya merasa waktu ngabuburit saya (setidaknya saat ini) tidak dihabiskan dengan 'hanya' menunggu waktu berbuka, hehe. Jadi, saya mencoba merangkum aplikasi favorit teman-teman Kompasianer untuk mengisi waktu ngabuburit.

Pilihan Aplikasi untuk Mengisi Waktu Ngabuburit ala Kompasianer

1. Ngabuburit sambil membaca qur'an dan hadits

Membaca qur'an dan/atau hadits bisa dilakukan dengan buku fisik. Tapi, teman-teman Kompasianer juga menggunakan aplikasi ini dengan fungsi kepraktisannya.

Ada beragam pilihan aplikasi membaca alqur'an dengan berbagai tampilan, ada yang pakai terjemahan, dan ada yang tidak. Aplikasi hadits pun begitu.

2. Ngabuburit sambil membaca beragam bacaan

Era digital seperti sekarang ini membuat kita gampang mengakses bacaan, entah itu buku fiksi, non fiksi, komik, hingga berita, artikel atau blog. Ada perpustakaan daring yang bisa dimanfaatkan, atau juga aplikasi bacaan lainnya.

Contohnya iPusnas dan iJak sebagai perpustakaan daring untuk meminjam buku digital, Wattpad dan Storial tempat kumpulan cerita, Webtoon tempat membaca komik, situs portal berita, blog orang-orang, juga termasuk Kompasiana. Atau justru membaca resep di Cookpad.

3. Ngabuburit sambil menulis

Menulis sambil menunggu waktu berbuka. Entah mungkin ini untuk menuangkan pikiran, atau justru masih demi kerjaan. Apakah se-favorit itu dalam tulis-menulis? Hanya masing-masing diri yang bisa menjawabnya. 

Tapi memang masih banyak juga Kompasianer yang menghabiskan waktu menjelang berbuka untuk menulis. Kompasianer tentunya menulis di Kompasiana ya? Selain itu, ada banyak juga yang menulis di platform lain terlebih dahulu, seperti google docs, misalnya. Wattpat, Storial, blog, dan lain sebagainya juga bisa dijadikan sebagai media menulis dan membagikan tulisan.

4. Ngabuburit sambil ber-chatting (is that even a word?) ria

Pandemi membuat gerak kita terbatas. Demi bisa terhubung dengan orang-orang nun jauh di sana, kita pun menggunakan media telekomunikasi dan informasi ini (sungguh perkembangan telekomunikasi ini patut disyukuri ya).

Bisa-bisa saja sih tinggal telepon, tapi kadang orang juga ada yang lebih senang kalau ngetik tulisan, berkomunikasi via teks ketimbang suara. Mungkin tergantung dengan lawan bicara dan topik juga. Mungkin juga disambi-sambi berkirim pesan dengan beberapa orang dalam satu waktu.

Aplikasi messenger seperti WhatsApp, Telegram, LINE, Signal ini selain untuk chit-chat ringan, juga dipakai Kompasianer untuk komunikasi soal kerjaan, seperti berkirim pesan dengan kolega, klien, atau pelanggan. Beberapa aplikasi messenger ini juga mendukung fitur telepon dan video call.

5. Ngabuburit sambil video call/video conference

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x