Mohon tunggu...
Elrisa Thiwa Nadella
Elrisa Thiwa Nadella Mohon Tunggu... Blogger

Learner | Blogger www.taruihbaraja.com

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Manfaat Kebaikan Madu untuk Berpuasa

20 April 2021   23:56 Diperbarui: 21 April 2021   00:37 331 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Kebaikan Madu untuk Berpuasa
Gambar 2: Madu di dalam jar kaca / dokpri

Madu sudah terkenal akan kebaikan alaminya mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dalam cairan manis yang dihasilkan oleh lebih ini terkandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Menurut USDA Food Data Central, dalam 100 g madu, mengandung kalori 304 kkal; karbohidrat 82 g (serat pangan 0,2 g & gula 82 g), protein 0,3 g; mineral seperti Natrium 4; Kalium; Kalsium; Magnesium; Zat Besi; serta vitamin C.

Pantas saja setelah mengonsumsi madu membuat saya merasa lebih bertenaga, karena madu mengandung karbohidrat yang sebagian besar terdiri dari gula alami sebagai pemberi energi, dan sebagian kecil serat yang dapat berguna untuk memberi rasa kenyang serta baik untuk organ pencernaan juga.

Saya juga mempunyai masalah bibir yang mudah kering, apalagi jika berada di ruangan ber-AC. Pada kebanyakan waktu, tujuan saya untuk mengonsumsi madu hanyalah sebagai bentuk penyelamatan bibir yang gampang kering dan pecah-pecah ini.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, bisa karena kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, narkoba, dehidrasi, dan lain sebagainya, termasuk kekurangan vitamin C. Jika dipikir-pikir, sepertinya yang bisa dicocokkan dengan saya ya kalau gak dehidrasi berarti kekurangan vitamin C. Jadi ya saya coba perbaiki di keduanya, dengan memperhatikan asupan cairan dan konsumsi madu juga untuk tambahan vitamin C.

Lagi pula saya juga selalu siap sedia madu sebagai barang pokok yang wajib ada di samping saya, sudah sejak di bangku sekolahan dulu. Tidak bisa absen, kecuali mau menanggung risikonya.

Berbagai madu telah saya coba, meski belum semua madu di dunia. Mulai dari madu botolan tanpa merk yang dijajakan, hingga madu kemasan.

Akhirnya saya pun mengetahui macam-macam madu, bukan hanya dari bunga mana nektar itu diambil, tetapi juga campuran kebaikan alami yang ditambahkan ke dalamnya.

Gambar 2: Madu dengan tiga kebaikan
Gambar 2: Madu dengan tiga kebaikan

Kojima, madu dengan tiga kebaikan

Awal mula saya mendengar soal madu KOJIMA ini, saya pikir ini adalah brand Asia Timur sana, hehe. Ternyata, KOJIMA adalah akronim dari KORMA-JINTEN HITAM-MADU.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN