Mohon tunggu...
Elsa Zahra Sabila
Elsa Zahra Sabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa jurusan psikologi

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Menangis Sebagai Bentuk Pelepasan Energi

19 Januari 2023   14:10 Diperbarui: 19 Januari 2023   14:19 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kita sering sekali mendengar bahwa menangis membuktikan bahwa kita adalah pribadi yang lemah, bahkan terdapat juga pengelompokkan gender dimana laki laki yang menangis dianggap lemah dan terlalu berlebihan.


Hal yang sebenanya adalah, menangis bisa terjadi pada perempuan maupun laki laki dari berbagai kalangan usia, banyak sekali hal yang dapat memicu seseorang untuk menangis, seperti : adanya perasaan sedih, emosi yang terlalu berlebihan,  benda yang mengenai mata, dan bahkan bisa juga menangis karna perasaan bahagia.

Jika kita melihat dari segi usia, memang anak anak cenderung lebih banyak menangis dibandingkan orang dewasa, ini dikarenakan orang yang sudah dewasa mampu mengubah stimulus negatif menjadi positif.

Menangis merupakan sebuah bentuk pelepasan energi, hal ini dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih lega setelah adanya tekanan yang terjadi didalam pikiran manusia.

Maka dari itu, menangis dapat membantu kita melepaskan sedikit beban kita, sehingga mental kita jauh lebih sehat dibandingkan hanya memendam tekanan tersebut didalam diri, akan tetapi sebaiknya kita melakukan pemaknaan setelah kita menangis, hal ini berguna agar kita belajar dari hal hal yang sebelumnya kita anggap salah dan menyebabkan kita sampai menangis.

Menangis juga memiliki manfaat tersendiri, khususnya bagi kesehatan mental, yuk kita intip apa saja manfaat menangis bagi kesehatan mental kita

1. Sebagai bentuk pemulihan diri secara emosional

Menangis mampu meredakan emosi pada diri kita secara langsung, hal ini berarti menangis bisa menjadi sebuah penenang terutama ketika kita sedang dalam emosi yang meluap.

2. Peningkat mood yang baik

Saat kita menangis, segala hal buruk yang ada secara berlebihan di dalam tubuh seperti perasaan cemas, lelah, sedih, gelisah, dan mudah marah akan langsung dikeluarkan dari dalam tubuh kita, hal ini yang menyebabkan kondisi hati kita menjadi meningkat.

3. Mengurangi kadar stress

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun