Mohon tunggu...
Elsa Septyani
Elsa Septyani Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Adanya Risiko yang Mengintai di Balik Keunggulan Teknologi Informasi

20 Juni 2021   17:12 Diperbarui: 20 Juni 2021   17:18 54 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adanya Risiko yang Mengintai di Balik Keunggulan Teknologi Informasi
ilmubahasa.net

Resiko Teknologi Informasi adalah suatu proses identifikasi kerentanan dan ancaman terhadap sumber daya informasi yang digunakan oleh sebuah organisasi dan dilakukan oleh manajer IT untuk mencapai tujuan bisnis,mengurangi resiko, dan menyeimbangkan pengeluaran dalam mencapai keuntungan,selain itu teknologi informasi juga element penting dalam sebuah perusahaan untuk bertahan,bersaing dan meraih keunggulan kompetiitf

Namun di balik banyaknya keunggulan tersebut dalam menggunakan tekonologi informasi  banyak juga ancaman atau resiko yang selalu ada dan dapat mengganggu operasional kinerja perusahaan.

berikut beberapa risiko dalam menggunakan teknologi informasi antara lain mencakup risiko yang berasal dari internal seperti kegagalan sistem, kegagalan jaringan (network), kerusakan hardware, kerusakan software, kehilangan data, virus, dan risiko lainnya yang berasal dari eksternal seperti bencana alam.

lalu ada juga serangan cracker yang dapat mengacaukan sistem bahkan sampai mencuri data rahasia suatu perusahaan, kesalahan dan kerusakan sistem pendukung seperti jaringan listrik putus, dan lain sebagainya.

Risiko teknologi informasi juga di kategorikan menjadi 3 bagian, yaitu :

1.IT Benefit/Value Enablement Risk --

Bagian ini terkait dengan hilangnya kesempatan perusahaan dalam penggunaan teknologi bagi peningkatan efisiensi dan efektifitas proses bisnis atau sebagai enabler untuk inisiatif bisnis baru.

2.IT Programme and Project Delivery Risk -- Bagian ini terkait dengan kontribusi teknologi informasi terhadap solusi bisnis baru dalam bentuk proyek dan program.

3.IT Operation and Service Delivery Risk -- Bagian ini terkait dengan semua aspek kinerja sistem dan layanan teknologi informasi yang dapat merusak dan mengurangi nilai bagi perusahaan.

Maka dengan banyaknya  beberapa risiko atau ancaman dalam menggunakan teknologi informasi dibutuhkan adanya tatakelola teknologi informasi yang dapat mengatasi resiko yang terjadi atau yang dapat melakukan manajemen terhadap resiko yang sudah terjadi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x