Mohon tunggu...
Elsa Ainin Dita
Elsa Ainin Dita Mohon Tunggu... Mahasiswa - mhs

keep being a humble human

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Kampanye Lingkungan dalam Memperingati Hari Ozon dan Hari Habitat Nasional

23 Oktober 2021   12:00 Diperbarui: 23 Oktober 2021   12:10 116 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

halo teman-teman, kalian tau tidak, apa sih yang dimaskud hari ozon dan hari habitat sedunia itu ?

Hari Ozon Sedunia adalah Hari Internasional untuk pelestarian lapisan ozon. Maksudnya adalah  untuk memberikan perhatian global terhadap masalah lingkungan yang bertujuan untuk melindungi lapisan ozon. Sedangkan Hari Habitat sedunia adalah Hari Internasional yang dijadikan sebagai peringatan terhadap keadaan habitat manusia terkini dan memberikan hak dasar bagi semua orang untuk memiliki tempat tinggal yang layak.

Kemudian, bagaimana sih konsep aksi kampanye Hari Ozon dan Hari Habitat yang saya lakukan pada waktu itu ?

Nah, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika mengikuti aksi kampanye Hari Ozon dan Hari Habitat pada saat saya masih menduduki bangku Sekolah Dasar. saya bersekolah di SDI Yamassa Surabaya yang dimana sekolah saya pada waktu itu telah meraih penghargaan sebagai sekolah  Adiwiyata Mandiri Nasional.

Pada tanggal 14 Oktober 2012 sekolah saya terpilih untuk mengikuti kegiatan aksi kampanye. Aksi kampanye lingkungan yang bertemakan "GO GREEN" ini diikuti oleh 10 sekolah imbas yang ada di Surabaya yang diadakan di Jalan Tunjungan Plaza sebagai peringatan Hari Ozon dan Hari Habitat Sedunia. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya pelestarian lapisan ozon dan juga sebagai pengingat untuk selalu menjaga lingkungan sebagai habitat mereka dan generasi ke depan.

Titik kumpul dari tiap sekolah berbeda - beda. Jika dari sekolah saya, tempat berkumpulnya di SDI Yamassa pada pukul 07.00. Acara diawali dengan pengarahan dari kepala sekolah yang menyampaikan tentang sejarah awal penetapan adanya Hari Ozon dan Hari  Habitat kemudian dilanjutkan menjelaskan kegiatan apa saja yang dilakukan.

Selesai pengarahan dari kepala sekolah, para peserta kampanye mengenakan properti yang sudah disiapkan dari sekolah masing - masing. Untuk properti dari sekolah saya yaitu, setiap peserta diharuskan memakai pakaian daur ulang. Dimana pakaian daur ulang tersebut merupakan hasil daur ulang barang bekas kreasi dari sekolah kita sendiri. Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi bagaimana memanfaatkan limbah yang tak bernilai menjadi sesuatu yang  bermanfaat.

Sampai di lokasi, para peserta kampanye berbagi tugas ada yang membagi flyer kepada para pengguna jalan di sekitar lokasi, ada yang membentangkan spanduk, ada yang membawa poster yang berisi ajakan untuk menjaga bumi dari kerusakan lapisan ozon dan juga peringatan untuk memberikan hak dasar bagi semua orang untuk memiliki tempat tinggal yang layak.

Di tengah - tengah kampanye, tiap sekolah membawa spanduk berwarna putih ukuran 2x1 meter untuk di tandatangi para pengunjung atau pejalan kaki sebagai tanda dukungan dari mereka terhadap aksi kampanye dan juga sebagai bukti bahwa mereka siap bersama - sama menjaga lingkungan untuk kebaikan lapisan ozon yang melindungi bumi.

Terjadinya pemanasan global berimbas pada lapisan ozon yang melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Kondisi ini akan  menyebabkan kerusakan ekosistem makhluk hidup. Kerusakan ini disebabkan oleh ulah manusia, seperti emisi yang dihasilkan kendaraan bermotor, membuang sampah sembarangan, tidak bisa mengelola sampah anorganik dengan baik, adanya pembakaran hutan secara disengaja dan adanya pembebasan lahan untuk pembangunan.

Selanjutnya, menjaga habitat itu sangat penting. Karena habitat merupakan tempat hidup tumbuhan, hewan dan manusia. Menjaga habitat sama seperti menjaga kebersihan lingkungan. Jika lingkungan bersih maka akan tercipta kehidupan yang sehat dan nyaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan