Mohon tunggu...
Fitri Syayidah Elok Faiqoh
Fitri Syayidah Elok Faiqoh Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wife, Mom, Writer

Be Your Self

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kecerdasan Musikal dalam Lingkungan Keluarga

3 April 2018   07:06 Diperbarui: 3 April 2018   07:42 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

saya terlahir sebagai anak pertama dari keluarga saya, sejak umur 5 tahun saya telah mempunyai seorang adik laki-laki dan adik laki-laki saya tersebut memiliki adik di usia yang sama seperti saya yaitu umur 5 tahun tidak beda jauh dari saya. setiap anak dalam keluarga pastilah memiliki kecerdasan yang berbeda, saya sebagai anak pertama memiliki kecerdasan picture smart. anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya terlihat dan kesukaannya menggambar, mencoret-coret kertas, mewarnai, suka berimajinasi. 

adik laki-laki saya yang pertama tipe kecerdasannya adalah music smart, kecerdasan  musikal adalah salah satu tipe kecerdasan yang paling mudah dilihat oleh orang tua. ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan musikal suka mendengarkan musik, waktu belajar pun sambil mendengarkan musik. beda dengan adik laki-laki saya yang terakhir, ia suka bermain sendiri atau self smart, anak dengan tipe kecerdasan ini ini cenderung suka bermain sendiri. 

namun, ia bisa mengatur emosi dengan baik. anak ini biasanya memiliki ambisi yang besar, minatnya memang bermacam-macam, namun ia lebih suka bermain sendiri. 

saya mengamati adik-adik saya satu persatu, mereka juga memiliki watak yang berbeda. seperti hal nya saya juga memiliki watak yang berbeda dengan adik-adik saya, terkadang saya masih saja bersifat kekanak-kanakan ketimbang adik saya, adik saya yang pertama bersifat dingin,cuek tetapi peduli setelah di nasehati, adik saya yang terakhir bersifat ambisius, perhatian, terkadang sangat menyebalkan karna ulahnya yang suka menuntut apa yang ia mau.

-berbagi pengalaman dalam kehidupan-


Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun