Mohon tunggu...
Elly Suryani
Elly Suryani Mohon Tunggu... Pekerja sekaligus blogger

Ngopi disela tiupan angin. Pekerja yang senang melihat dan menganalisa trend data.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

7 Tips Jitu Cara Memasak Sehat dan Menyenangkan bagi Pemula

5 Juni 2021   13:46 Diperbarui: 5 Juni 2021   17:49 652 29 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Tips Jitu Cara Memasak Sehat dan Menyenangkan bagi Pemula
Ilustrasi memasak. Sumber: Kompas.com

Masa Covid-19 ini membuat banyak kalangan menjadi gemar memasak. Yang tadinya memang suka memasak, menjadi makin suka memasak. Yang tadinya malas dan enggan memasak, sekarang mulai suka memasak. 

Bahkan ada teman saya yang bilang, Covid-19 ini telah mengubahnya dari seorang penyantap yang tinggal makan apapun makanan yang disediakan di meja makan kini menjadi chef jago di rumahnya. Siap buka restoran nanti, katanya, bercanda, wow keren. Saya, dari kaum yang timbul tenggelam dalam memasak, eh sekarang rajin memasak lagi.

Bagi orang yang paham dunia kuliner, pasti paham pentingnya memasak yang sehat. Faktanya, banyak orang jago memasak belum tentu tau atau aware cara memasak sehat. Apalagi bagi pemula. Ya pemula

Memasak itu menyenangkan. Bagi saya tak hanya itu. Selain menyenangkan dan mengenyangkan, memasak juga sebuah jalan untuk membuat kita tau dan bertanggung jawab terhadap apa yang kita makan. 

Dengan memasak sendiri, kita tau bahan yang kita masak dan kita tau bagaimana cara kita memasaknya. Hal yang belum kita tau adalah, apakah cara kita memasak sudah benar? tepatnya sehat

Selain sehat, bagi saya memasak juga harus menyenangkan. Kenapa sehat dan menyenangkan itu penting. Kenapa harus menyenangkan? ya supaya kita jadi betah memasak. Jika cara memasak sehat itu ribet dan berbelit-belit, bagaimana kita akan betah memasak, apalagi pemula.

Berikut tips jitu cara memasak sehat dan menyenangkan bagi pemula yang saya rangkum berdasarkan pengalaman memasak saya, juga pengalaman saya melihat para rekan dan keluarga yang tergolong pemula dalam memasak.

Sumber Foto: istock getty images
Sumber Foto: istock getty images
1. Pertama, harus yakin dan paham bahwa makanan sehat hanya berasal dari bahan mentah (raw matterial) yang sehat. Untuk yakin dan paham yan tinggal rajin-rajin baca baca buku, baca terbitan. Ingat-ingat lagi pelajaran sekolah. Rajin liat vlog tentang makanan sehat dan memasak  sehat (healthy food  and healthy cooking). 

Ngobrol dan diskusi dengan teman dan keluarga yang agak pakar kuliner dan pakar gizi, apalagi kalau ada yang memang pakar lebih bagus lagi. Dengan rajin membaca dan diskusi anda akan tau pentingnya bahan mentah yang sehat. Termasuk pentingnya menggunakan bahan alami dan sehat. 

Saya sejak saya paham bahayanya perwarna buatan, mungkin sejak SMA, menghindari penggunaaan bahan pewarna buatan. Sekalipun diklaim sebagai pewarna makanan, akan saya hindari. Mau bikin srikaya pandan, saya blender daun pandan dan daun suji. 

Mau mendapat warna masakan cantik, perpaduan warna menarik hijau, merah kuning, tinggal gunakan sayuran yang kaya warna, wortel, sawi, kacang panjang, cabe, tomat, dll. Sayur lodeh saya warnanya cantik karena sayurannya beraneka warna. 
2. Kedua, Paham ilmu dasar cara memasak sehat dan menyenangkan. Hal mendasar si pemasak harus dalam kondisi fit dan sehat. Jangan  memasak kalau sedang pusing atau uring-uringan. Atur waktu dan sikon memasak. Kemudian pahami hal yang mendasar dan basic dalam memasak. Misal, Ketika merebus sayuran, daging, ayam atau apapun pastikan air rebusan sudah mendidih baru dimasukkan ke panci. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN