Mohon tunggu...
Elly Suryani
Elly Suryani Mohon Tunggu... Human Resources - Dulu Pekerja Kantoran, sekarang manusia bebas yang terus berkaya

Membaca, menulis hasil merenung sambil ngopi itu makjleb, apalagi sambil menikmati sunrise dan sunset

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Pesona Labu Kuning, Menjalar di Tanah dan Merambah dengan Setia di Hati Penggemarnya

24 Juni 2020   13:19 Diperbarui: 24 Juni 2020   19:13 568
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam bayangan saya akan hari tua, ada sebuah rumah kayu mungil dengan halaman luas. Pada halaman luas itu ada banyak pepohonan, juga perdu dan semak produktif. Tentu saja dengan tanaman merambat dan menjalar. Baik menjalar dan merambat di para-para, maupun merambat di tanah. Entah bila saya miliki rumah mungil dari kayu dengan halaman luas seperti itu.

Diantara tanaman yang menjalar dan merambat di tanah, ada si Labu Kuning. Ya Labu Kuning Cucurbita moshata durch, tanaman yang akrab dengan lidah kita. Warnanya yang kecoklatan jingga akan memenuhi tanah dengan daunnya dan ranting mulai layu dan mengering.

Jika masa itu tiba, tentu saja saya akan memanennya dalam keceriaan. Kemudian menyimpannya dengan bahagia seperti bahagianya saya menyimpan setandan pasang tanduk matang baru dipanen. Seperti saya menyimpan bebarapa rumpun ubi kayu yang baru dicabut dan dibersihkan. Mereka semua sumber pangan yang bersahaja. Kapan saja dibutuhkan, bisa diolah menjadi banyak makanan.

Labu kuning ini lekat di ingatan saya. Saya mengingat zaman dulu ibu saya akan membuat kolak labu kuning sebagai salah satu menu buka puasa kami. Lain waktu Ayuk (kakak perempuan) saya tertua menambahkan labu kuning kukus yang dihancurkan ke dalam kue, entah cake atau bolu pandan.

Saya ingat juga nyai, nenek saya dulu sering membuat gulai labu kuning. Gulai santan pedas yang kadang dicampurnya dengan sayuran lain. Kadang diberi ikan kering, ikan salai. Kadang diberi udang kecil-kecil. Resep yang lalu diturunkan ke anak, menantu, bahkan ke cucunya.

Turun ke saya juga? sudah pasti. Tentu saja tidak seperti menurunkan ilmu kebal atau ilmu pikat seperti di film-film, hehehe. Saya, ayuk-ayuk, adik-adik, sepupu memperhatikan para nenek, ibu, bibi-bibi kami memasaknya. Jika enak, akan kami ingat kuat-kuat cara memasaknya. Sebagian ada yang mencatat resepnya. Sebagian ada bereksperimen memodifikasi lagi resep-resep tersebut. Ya, kira-kira seperti itu.

Sebagai lulusan Teknologi Hasil Pertanian yang nyemplung ke Perencanaan Pembangunan, hoby mengamati tanaman bahkan hingga ke area pengolahannya tidak pupus. Saya sering tidak bisa menepis kesukaan saya mengamati tanaman. Baik mengamatinya sebagai bahan pangan maupun mengamati seni kulinernya. 

Penasaran mau tau beberapa contoh resep Labu Kuning ala keluarga besar kami? Berikut 2 (dua) buah resep Labu Kuning, resep keluarga saya yang sudah saya publish di Cookpad.Indonesia. Yaitu; Kolak Rempah Labu Kuning, dan Gulai Pedas Labu Kuning Ikan Salai. Boleh dicoba kalau suka.  

Kolak Labu Kuning plus Ubi
Kolak Labu Kuning plus Ubi

Gulai Pedas Labu Kuning 
Gulai Pedas Labu Kuning 
Labu kuning bisa juga kita beli di pasar. Pasar tradisional dan pasar modern sekarang banyak dijual Labu Kuning. Sebab penggemar labu kuning itu banyak. Selain karena rasanya yang enak, juga kaya serat dan beta caroten. Konon labu kuning mengandung senyawa anti kanker membuat labu kuning begitu disukai. 

Bila beli 1 (satu) terlalu besar dan khawatir tidak habis, bisa beli yang sudah dipotong-potong ukuran lebih kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun