Mohon tunggu...
Elly Suryani
Elly Suryani Mohon Tunggu... Human Resources - Dulu Pekerja Kantoran, sekarang manusia bebas yang terus berkaya

Membaca, menulis hasil merenung sambil ngopi itu makjleb, apalagi sambil menikmati sunrise dan sunset

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Ramadan 2019 yang Jos Gandos

6 Mei 2019   10:17 Diperbarui: 6 Mei 2019   10:43 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto : rifkisyabani.wordpress.com

Senangnya memasuki Ramadan Tahun ini. Ada banyak alasan sebetulnya. Pertama suasana Ramadan Tahun 2019 ini memang ok punya dan jos gandos buat saya. Salah satunya cuaca yang menurut saya mendukung, cerah tapi adem. 

AC di ruangan saya sudah berfungsi normal kembali. Alasan lain, sebab Pilpres sudah usai. Banyak harapan tertumpu pada Ramadan ini. 

Mau tau..? banget ?, hehe lanjut baca ya

Pertama harapan sebagai Ibu

Semoga Ramadan ini berjalan lancar. Saya senang pake banget dengan Surat Edaran Menpan nomor 394 Tahun 2019 tanggal 26 April 2019. Dalam surat edaran itu tertulis bahwa jadwal kerja ASN yang instansinya memberlakukan 5 hari kerja adalah Senin sampe Kamis pukul 08.00 - 15.00 WIB. Hari Jumat pukul 08.00 - 15.30 WIB. 

Sebetulnya sejak beberapa tahun lalu sudah ada pemunduran jam kerja ASN selama ramadan. Tetapi berhubung instansi tempat kerja ada fokus pekerjaan yang harus diselesaikan, maka biasanya kami pulang lebih dari jam yang ditetapkan . 

Ramadan 2019 ini saya bisa lebih khusuk jadi emak. Artinya selama Ramadan ini saya punya waktu untuk menyiapkan buka dan sahur dengan leluasa. Tidak lagi terburu-buru yang akhirnya pesan masakan online. 

Saya bisa merealisasikan menu buka dan sahur yang sudah disusun selama seminggu. Saya juga bisa lebih khusuk mengerjakan sunah bulan ramadan seperti taraweh bersama keluarga. Harapannya lebih sering sholat taraweh di masjid daripada di rumah.

Harapan sebagai pegawai

Pekerjaan bisa dikerjakan lebih mudah dan lancar. Biasanya saya lebih mood kerja saat bulan puasa. Kenapa demikian, sebab diawali dengan mood yang baik saat bangun sahur. Bangun pukul 03.00 lalu oprek-oprek masak sebentar. Makan sahur dan ritual pukul 03.40. 

Selesai sholat shubuh beres-beres rumah sedikit lalu mandi dan berangkat kerja. Saya tidak tidur lagi. Sebab kalau saya tidur alamat badan saya jadi lesu dan malah tidak semangat kerja. Jika ngantuk tiba, ya bisa tidur 20 menit saat istirahat seusai sholat Johor.

Harapan sebagai warga negara

Semoga ramadan 2019 yang notabene adalah tahun politik ini membawa kesejukan bagi semua. Tidak ada lagi ketegangan dan klaim-klaiman menang. Tidak ada lagi yang ngotot merasa menang, apalagi bilang mau mengasah parang jika capres pujaan kalah pilpres, astaghfirulah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun