Mohon tunggu...
Money

Tips Budi Daya Sambung Puncuk Durian

17 September 2018   14:22 Diperbarui: 18 September 2018   10:20 617
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Selamat berjumpa kembali  dengan saya Ellya Tri Wibowo, kali ini saya akan membahas tentang manfaat budidaya duria dengan cara sambung pucuk. Kebanyakan masyarakat kurang tepat gimana cara budi daya durian yang cepat berbuah dan menghasilkan yang memuaskan.

Jadi begini cara membudidayakan durian yang bagus dan berkualitas unggul missalkan batang pohon yang kokoh dan cepat berubah kualitas buahnya pun mirip dengan induknya. 

Cara sambung ini masyarakat, cukup waktu paling lama 5 tahun untuk bias menikmati hasil, tetapi juga pernah saya jumpai ada juga yang sudah besar batangnya pun 2 tahun ada yang berbuah.

Maka dari itu banyak masyarakat tertarik maupun tergiur cara budidaya sambung pucuk tersebut, inilah cara yang saya dapat saat saya masih sekolah dulu di smk pertanian di daerah saya tetapi saya dapat materi sambung durian ini saat saya praktikum atau prakrin di suatu perusaan ternama di kota saya yaitu di BBI HOLTIKULTURA banyak pengalaman yang saya dapat dari tempat itu maka dari itu saya akan menjabarkan bagaimana cara sambung pada tanaman durian

Langkah-langkah cara sambung pucuk pada tanaman durian

Alat-alat yang digunakan

  1. pisau kater
  2. silet
  3. gunting potong
  4. galah
  5. plastik es lilin
  6. tali raffia
  7. plastik pembungkus

Siapkan bibit/batang bawah. Pertama kita mengumpulkan biji lalu kita menabur biji durian ke media tanam atau tempat penyemaian sesudah biji umur seminggu, biji akan tumbuh akar lalu kita pindah ke media atau polibek yang sudah terisi tanah lalu kita pindahkan. 

2 minggu lagi bibit baru siap siap untuk menjadi batang bawah atau batang penopang dari batang atas tersebut, tetapi nantinya bibit yang akan kita pake tidak memiliki penyakkit dan bibit harus  subur.

Siapkan batang atas/ bibit sambung. Pertama kita mengabil calon batang atas dari pohon indukan yang sudah berumur 10-15  tahun agar nantinya hasil atau buahnya mirip seperti indukanyatetapi kita selajutnya mengambil batang atas di bagian pucuk tanaman induk yang sudah berbuah.

Kita akan mengambilnya menggunakan galah itu alat mebatu kita mepermudah proses pengambilan jadi kita tidak bersusah majat pohon untuk mengabil calon batang pucuk tersebut.

Cara-cara sambung. Dalam  hal ini sebaiknya saat kita melakukan kegiatan menyambung pada pagi hari atau sore hari, itu juga bertujuan agar suhu tidak terlalalu panas, sebab itu mempengaruhi cambium yang ada nantinya inilah cara penyambungannya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun