dr. Ellen Rosiana E.R.
dr. Ellen Rosiana E.R. Dokter Umum

Owner Best Dream -Terapi Anak Berkebutuhan Khusus

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Perlunya Edukasi Profesi Kesehatan terhadap Anak

7 Desember 2017   09:49 Diperbarui: 7 Desember 2017   10:10 478 0 0
Perlunya Edukasi Profesi Kesehatan terhadap Anak
Source : Ellen Medika

Selasa, 5 Desember 2017. TK Miftahul Iman, yang berada di Kota Cimahi mengadakan pemeriksaan kesehatan yang berlokasi di sebuah klinik utama. Ellen Medika menjadi klinik yang menjadi pilihannya. Kepala Sekolahnya, yang biasa dipanggil dengan sebutan Ibu Sri selalu menjadwalkan pemeriksaan kesehatan untuk seluruh murid-muridnya.

Pukul 09.00 WIB rombongan yang terdiri dari murid dan guru ini, tiba di klinik Ellen Medika yang beralamat di Jl. Hj. Amir Machmud No. 673, Padasuka, Cimahi Tengah. Lokasi yang strategis mempermudah masyarakat untuk menjangkau klinik Ellen Medika ini.

Salah satu progam unggulan di klinik ini adalah klinik tumbuh kembang anak, dengan  menyelenggarakan tes kesehatan yang sekaligus memberikan pengenalan profesi kesehatan dan penyuluhan kesehatan secara bersama-sama.

Pertama-tama, seluruh siswa dikumpulkan di ruangan untuk beristirahat sejenak setelah perjalanan dari sekolah. Kemudian salah satu Bidan yang bernama Desi bersama timnya mengajak anak-anak untuk berinteraksi sambil bertanya seputar masalah profesi kesehatan.

Profesi kesehatan yang ada seperti bidan, perawat, tenaga laboratorium dan terapis ada semua di klinik ini. Di sini, anak-anak bisa melihat alat-alat dan cara kerja seputar masalah kesehatan.

Terkadang, profesi kedokteran ini bagi anak-anak adalah profesi yang menakutkan. Ditandai dengan anak-anak yang selalu ketakutan hingga menangis saat berkunjung ke rumah sakit atau ke tempat praktik dokter. Banyak dari mereka berimajinasi bahwa berkunjung ke tempat Dokter, mereka akan disuntik. Mungkin, alasan kenapa mereka timbul rasa takut terhadap kata 'disuntik' serta takut dengan profesi Dokter ini, dikarenakan kurangnya pengenalan tentang profesi dokter ini pada anak-anak.

Padahal, pengenalan profesi ini selain menghilangkan imagemenakutkan bagi anak-anak, pengenalan ini pun dapat mendorong anak untuk bercita-cita sesuai keinginannya dan bisa melihat gambaran bagaimana tempat bekerja di lingkungan kesehatan.

Setelah adanya pengenalan dengan baik dan benar, terlihat sekali semua anak-anak bersemangat dan bahagia saat muncul pertanyaan dari Bu Desi, "Siapa yang mau jadi Dokter?". Mereka semua bersemangat menjawab "Saya Bu!".

Pengenalan alat untuk mendorong ilmu pengetahuan tentang alat-alat kesehatan , sehingga besar harapan pada suatu saat ada pemakaian alat kesehatan, mereka sudah mengenal sebelumnya.

Disaat Orang Tua dan Guru yang sedang menunggu, mereka ingin memeriksakan golongan darah atau cek laboratorium, di klinik ini juga tersedia lengkap. Bahkan Orang Tua yang ingin perawatan wajah, klinik Ellen Medika menyediakan pemeriksaan analisa wajah dan konsultasi gratis. Alat-alatnya pun termasuk modern.

Selanjutnya anak diperiksa satu persatu kesehatannya. Mulai dari berat badan, tinggi badan, periksaan mata, hidung tenggorokan, telinga, dan Gigi juga diperiksa. Ternyata ada beberapa anak-anak yang kesehatan giginya masih perlu diperhatikan. Kesehatan gizi, kulit , masih dinilai bagus. Pemeriksaan dada dan perut masih dinilai rata-rata dalam batas normal.

Terakhir anak-anak yang berkeinginan foto memakai baju dokter pun diambil satu persatu. Tak terasa sampai pukul 11 .00 WIB seluruh kegiatan selesai. Saya sebagai pemilik profesi dokter, besar harapan pengenalan profesi kesehatan dan alat-alat kesehatan, serta penyuluhan kesehatan tentang bina diri ini bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Source : Ellen Medika
Source : Ellen Medika

Semoga nantinya akan lahir dokter-dokter muda yang akan menjadi generasi bangsa yang yang bisa dibanggakan. Aamiin Ya Robbal alamin.

***

dr. Ellen Rosiana. E.R.

Owner Ellen Medika dan Pusat Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Best Dream