Mohon tunggu...
Berliana Anandya Sukma
Berliana Anandya Sukma Mohon Tunggu... Freelancer - A College Student. (KKN TIM II 2021 Universitas Diponegoro)

A college student with the dream of becoming useful to society.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Time is Ticking: Metode Pemanfaatan Waktu selama Pandemi Hindari Prokrastinasi

7 Agustus 2021   20:11 Diperbarui: 7 Agustus 2021   20:18 283 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kota Semarang, Jawa Tengah (7/8) -- PPKM darurat yang diperpanjang karena melonjaknya jumlah kasus di pandemi Covid-19 membuat kita harus melakukan segala bentuk aktivitas dan pekerjaan dari rumah secara online. Work From Home (WFH) dan pembelajaran online telah menjadi hal yang normal namun dengan semakin berkurangnya kontak secara langsung atau tatap muka dan sosialisasi dengan rekan kerja atau teman-teman di kampus dapat menimbulkan rasa jenuh.

Rasa jenuh yang berlebihan dapat menyebabkan rasa malas dan dapat mempengaruhi kesehatan mental saat beraktivitas yang akan berujung ke penundaan pekerjaan atau prokrastinasi. Prokrastinasi dapat menyebabkan jadwal yang berantakan sehingga waktu yang digunakan dalam bekerja tidak akan efektif. Berliana Anandya Sukma, Mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Sastra Inggris dari Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati membuat infografis mengenai metode yang dapat membantu mengatur jadwal sehari-hari selama pandemi.

Infografis ini merupakan salah satu program kerja milik Berliana; Tanpa adanya sosialisasi dengan warga secara tatap muka, program ini disebarkan melalui group WhatsApp warga kelurahan Sukorejo. Ditargetkan untuk anak-anak dan siswa kelurahan, metode-metode dalam infografis tersebut dapat diimplementasikan saat mengatur jadwal pembelajaran dan waktu istirahat. Dua metode yang diberikan merupakan Time Blocking dan Pomodoro Technique yang dirasa cukup mudah untuk diimplementasikan di kehidupan sehari-hari tanpa memerlukan persiapan tambahan sebelumnya. Tidak hanya kaum pelajar, metode yang tertera dapat dicoba oleh semua kalangan!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan