Mohon tunggu...
ELKANA GIOVANI LOE
ELKANA GIOVANI LOE Mohon Tunggu... Hai sobat kompasiana nama saya Elkana Giovani Loe, saya akan berbagi hal yang saya ketahui untuk sobat sekalian

Indie lovers

Selanjutnya

Tutup

Travel

Sabanase, Surga Kecil yang Tersembunyi di Kota Atambua

22 April 2021   04:21 Diperbarui: 22 April 2021   10:52 392 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sabanase, Surga Kecil yang Tersembunyi di Kota Atambua
View sabanase(sumber Raju Darma)

Negeri Titipan Tuhan(NTT), sekiranya seperti itulah singkatan lain yang sinkron untuk disandangkan pada provinsi yang memiliki segudang destinasi wisata yang tersebar disetiap penjurunya. Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi yang memberikan banyak kontribusi dalam dunia keperwisataan nasional dan global. 

Destinasi wisata yang sudah go international seperti Labuan Bajo dengan pantainya yang luar biasa, Sumba dengan atraksi pacuan kudanya, Ende dengan danau kelimutunya, komodo dengan keunikannya, Belu dengan fulan fehannya yang luar biasa, dan masih banyak destinasi-destinasi wisata yang akan menyejukan setiap mata yang menyaksikan secara langsung, salah satunya adalah spot foto Sabanase  yang terletak di kabupaten belu tepatnya di Kecamatan Kakulukmesak, Desa Fatuketi. 

Sabanase merupakan satu dari sekian banyak spot foto yang ada di kabupaten Belu. Dengan  akses transportasi yang sangat mendukung, setiap pengunjung dapat dengan mudah mencapai di spot foto  ini kurang lebih 15 menit dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat dari kota Atambua.

Pembangunan sabanase diprakarsai oleh BumDes(Badan usaha milik Desa) Fatuketi yang kemudian, dijadikan spot foto yang indah. Ditempat ini terdapat bangunan lopo yang diatap dengan alang-alang yang memberikan kesan kultur dan representasi budaya Belu, ditambah lagi sangkar burung raksasa yang pastinya menambah keunikan dari Sabanase.

Dari spot ini para pengunjung dapat menyaksikan 4 fenomena secara bersamaan:

1. Bendungan Rotiklot                                                                                                                                                             Dari Sabanase para pengunjung dapat menyaksikan secara jelas pemandangan salah satu bendungan raksasa di pulau timor yakni bendungan rotiklot, karena lokasinya diketinggian sehingga setiap mata bisa menyaksikan dengan jelas eksistensi bendungan Rotiklot.

2. Rangkaian pegunungan                                                                                                                                                        Dengan letaknya yang cukup diatas ketinggian, membuat para pengunjung bisa menyaksikan dengan jelas rangkaian pegunungan sejauh mata memandang.

3. Spot sangkar burung                                                  Spot foto sangkar burung bukan hanya ada dijawa ataupun bali, tetapi terdapat juga Sabanase. Spot foto sangkar burung itu dibuat diatas ketinggian yang membuatnya indah ditambah lagi pemandangan alam yang masih asri dan setiap pengunjung bisa berfoto ria diatas spot itu.

4. Sunset dan kopi                                                                                                                                                                       Selain menikmati fenomena alam dan berfoto ria, para pengunjung juga akan mendapatkan secangkir kopi yang telah disediakan dan menjadi moment yang luar biasa apabila disuguhkan pada saat senja sembari terbenamnya matahari.

Sabanase merupakan salah satu spot yang sangat indah  sehingga layak diberikan sepenggal diksi hiperbola "surga kecil yang tersembunyi di Atambua"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN