Mohon tunggu...
eliyas yahya
eliyas yahya Mohon Tunggu... Petani - Petani dan Aktif Di Komunitas Banawa' ID

penggagas Banawa' Id Dengan Istrinya ia membuat tempat belajar bersama yang berfokus pada sejarah Nusantara

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perjuangan Sayyid Ali Asghor Ndersmo Melawan Penjajah

25 Juli 2021   17:34 Diperbarui: 25 Juli 2021   17:38 161 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Gelar Kota Pahlawan disematkan kepada Kota Surabaya, Selain Bung Tomo dan perjuangan arek-arek Suroboyo banyak Kyai dan Ulama yang ikut berperang melawan penjajah. 

Salah satunya adalah para Kyai di Ndresmo Surabaya, Ndersmo dijadikan tempat berkumpulnya para Kyai dan santrinya untuk menyiapkan strategi melawan penjajah. 

Baru-baru ini Pemerintah Surabaya menjadikan Ndresmo sebagai tempat cagar budaya terutama di Komplek makam Sayyid Ali Asghor, beliau adalah anak dari Sayyid Ali Akbar Pejuang kemerdekaan dari Surabaya dan pencetus Kampung Santri Ndersmo. 

Sayyid Ali Asghor juga mengikuti jejak Ayahnya, beliau ikut berperang melawan penjajah, beliau menjaga Ndresmo dari kejamnya kolonial, Cucu dari Sayyid Sulaiman Mojoagung ini sangat enerjik dan semangat membela Rakyat Surabaya, hingga rumah beliau dijadikan tempat berunding mengumpulkan cara guna melawan penjajah.

Sudah menjadi pembicaraan umum bahwa ketika terjadi pertempuran 10 November melawan sekutu, Kampung Ndresmo dijadikan markas bagi santri se Jawa Timur. Para santri itu bermarkas di Ndresmo untuk mengatur strategi.

Sayyid Ali Asghor dan keluarganya memiliki peran penting dalam perjuangan melawan kolonial di kota Surabaya, wajar bila Walikota Surabaya Tri Risma ingin merevitalisasi Makam beliau dan dijadikan cagar budayanya Kota Surabaya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan