Mohon tunggu...
Elisa Damayanti Utami
Elisa Damayanti Utami Mohon Tunggu... Journalist

Student of Communication Program at SV IPB

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Keindahan Wisata Alam Curug Cikuluwung Pamijahan Bogor

16 Mei 2019   12:36 Diperbarui: 16 Mei 2019   12:49 0 4 0 Mohon Tunggu...
Keindahan Wisata Alam Curug Cikuluwung Pamijahan Bogor
Curug Cikuluwung kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Pamijahan Kabupaten Bogor, Jawa Barat | enaknyakemana.com

Bogor - Bagi anda penikmat wisata curug, Curug Cikuluwung Pamijahan Bogor bisa menjadi destinasi wisata alam yang menyenangkan, karena keindahan alamnya yang mempesona. Bogor memang dikenal banyak memiliki tempat wisata alam yang patut dikunjungi, dan baru-baru ini kembali dibuka salah satu wisata alam curug lainnya yaitu Curug Cikuluwung Pamijahan Bogor.

Curug Cikuluwung merupakan wisata alam curug yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, curug ini berada ditengah lembah berbatu. Disekitarnya terdapat tebing bebatuan alami yang membuatnya terlihat elok dan sangat indah. Sehingga banyak orang yang ingin segera mengunjungi curug ini untuk sekedar mencuci mata, maupun menghabiskan waktu bersamakeluarga, saudara, teman maupun pasangan.  

Rute Menuju Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung terletak di Bogor Barat tepatnya di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Menurut pengelola, wisata curug ini dibuka, pada tanggal 23 Februari 2018. Bagi anda yang berangkat dari wilayah Bogor Kota, perjalanan bisa ditempuh menuju Dramaga -- Cikampak -- Cibatok -- dilanjut menuju pertigaan Cemplang. Kemudian masuk ke pertigaan Cemplang (belok kiri) lurus terus sekitar 45 menit untuk kemudian masuk ke belokan yang cukup curam di sebelah kanan (biasa disebut Gang Gardu), kita akan menemukan gang tersebut setelah melewati Sungai Cikuluwung. Selanjutnya kita akan memasuki jalan berbatu sekitar 10 menit sebelum bertemu papan petunjuk Curug Cikuluwung.

Dari papan petunjuk tersebut, terlebih dahulu kita akan memasuki area kampung menuju tempat parkir yang disediakan di depan rumah warga. Dari parkiran, perjalanan dilanjut dengan berjalan kaki melewati kebun warga selama 5 menit hingga sampai di loket masuk Curug Cikuluwung.

Harga Tiket Masuk 

Kita hanya perlu merogoh kocek Rp.20.000 /orang. Harga yang bisa dikatakan sesuai dengan suguhan alam yang sangat indah. Tersedia pula sewa ban dan pelampung dengan biaya Rp. 35.000/ orang. Benar-benar patut dicoba. Untuk kenyamanan anda menggunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang aman untuk menjaga keselamatan anda selama di curug.

Akses Menuju Curug 

Untuk mencapai mata air tersebut, anda harus menuruni tangga yang cukup curam di dinding tebing. Namun tak perlu takut, karena ada pemandu yang akan menjaga anda disaat naik atau menuruni tebing batu. Setelah melalui anak tangga dari bambu, barulah Anda dapat melihat pemandangan aliran air bertingkat yang indah sekaligus menyegarkan tersebut.

Air terjun ini agak sulit untuk ditemukan, bahkan warga lokal banyak yang tidak mengetahuinya. Karena curug tersebut baru dibuka sekitar satu bulan lalu oleh warga setempat. Untuk menuju Curug Cikuluwung, Anda akan melewati perkampungan warga. Setelah itu berjalan sekitar 10 menit menuju surga tersembunyi ini.

Curug Cikuluwung memiliki air terjun yang sangat jernih, walaupun tidak teralu besar. Tampak dari kejauhan air yang mengalir di Curug Cikuluwung ini berwarna kebiruan, dengan hiasan tebing di kanan kirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x