Mohon tunggu...
Elicia HanifatunNazilah
Elicia HanifatunNazilah Mohon Tunggu... Diplomat - mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Manfaat Besar Bersedekah

27 September 2021   05:46 Diperbarui: 28 September 2021   17:39 100 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Manfaat Besar Bersedekah
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Dr. Ira Alia Maerani (dosen Fakultas Hukum, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang)
Elicia Hanifatun Nazilah (mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, 

Disini saya akan membagikan sedikit kisah,namanya adalah Hani,yang merupakan siswi SMA kelas 10. Ia terlahir dari keluarga yang sederhana,tidak terlalu kaya ataupun miskin. Sejak sekolah dasar Hani sudah sering diajak ibunya untuk bereksperimen mencoba resep makanan. Dari situlah dia mulai tertarik dan bberapa kali ikut lomba tataboga. Setelah beranjak SMP dia mulai fokus ke 1 bidang yakni membuat birthday cake. Saat itu pelanggannya masih sedikit,dan dekorasinya kurang bagus karena pralatan yang kurang lengkap.

Hani memiliki nnek yang usianya suda sangat sepuh,tapi beliau masih harus bekerja keras untuk memenuhu kebutuhan hidupnya. Keluarganya yang pas pasan tidak bisa membantu terlalu banyak. Disitulah hani mulai berusaha keras untuk bisa berjualan aga bisa membantu meringankan neneknya. Namun naasnya,nenek hani meninggal saat dia belum bisa memberikan apa apa. Hani menyesal karena tidak bisa membantu neneknya. Namun hai tidak putus asa,dia terus berlatih dan menambah jam terbang. Dia berhasil meraup omset yang cukup banyak dengan statusnya yang masih menjadi pelajar. Hani menyisihkan uangnya untuk bersedekah atas nama neneknya,ia teringat sebuah artikel yang di abaca yaitu sedekah atas nama orang yang sudah meninggal.

" Wahai Rasulullah, ibuku meninggal dan ketika itu aku tidak hadir. Apakah dia mendapat pahala jika aku bersedekah atas nama beliau ? " Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam- menjawab : Ya."
(HR. Bukhari 2756)

Bahkan para ulama kita menyebutkan hal ini sebagai kesepakatan ulama, bahwa pahala sedekah bisa diniatkan untuk mereka yang telah meninggal dunia, misalnya imam an-Nawawi -rahimahullah- beliau katakan :

: , ...

" dan diantara faidah dari hadits ini adalah : bahwa sedekah atas nama seorang yang telah meninggal ( mayit ) akan memberikan manfaat untuknya dan pahalapun sampai kepadanya, dan itu merupakan kesepakatan ulama..."

Hani juga yakin kesukssannya itu tak luput dari doa neneknya dan kedua orang tuanya. Untuk membalas doa doa baik dari mereka hani selalu menisihkan sebagian keuntungannya untuk bersedekah atas nama mereka. ( kedua orangtuanya masih hidup )

Kesuksesan akan datang kepada orang yang bekerja keras,tekun,dan istiqomah. Berikut ini adalah tips dalam menjalankan small bussines 

  1. Memastikan Ide.
  2. Melakukan Riset Sebelum Memulai Usaha.
  3. Terima Segala Masukkan.
  4.  Buat Rencana Usaha.
  5. Buatlah yang Sederhana.
  6.  Lakukan Secara Bertahap.
  7.  Percaya Diri Terhadap Bisnis yang Telah Dimulai.

Selebihnya untuk hasil kita pasrahkan kepada Allah SWT,karena jika itu rejeki kita pasi aka dating kepada kita. Rejeki tidak akan pernah tertukar apalagi salah alamat. Dan janga lupa untuk selalu bersedekah,karna seekah membuka lebar pintu rejeki kita. Sedekah tidak membuat seseorang menjadi miskin. Sebagaimana yang tertulis dalam hadist diawah ini

Dalam Alquran surat Al-Talaq ayat 7, Allah SWT telah memerintahkan umat-Nya untuk bersedekah dan berjanji akan membalas kebaikan tersebut. Allah SWT berfirman yang artinya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan