Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Seberapa Penting Pengaruh Vitamin D3 terhadap Pasien Terpapar Covid-19?

11 Juli 2021   19:15 Diperbarui: 13 Juli 2021   17:21 2464
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi vitamin D disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19. Sumber: SHUTTERSTOCK/Alrandir via Kompas.com

"Ma, pinjam pulse oximeternya, ya."

Begitu WA dari anak lanang, 3 hari lalu disertai hasil swab yang menyatakan dirinya positif terpapar Covid-19.

Sebagai ibu tentu saja saya sempat panik. Tapi kemudian saya sadar, menghadapi pasien, keluarga, atau teman yang terpapar Covid kita harus tetap tenang. Sebab jika ikut-ikutan panik, maka akan berpengaruh terhadap psikologis si pasien. Bisa-bisa si pasien bertambah down.

"Ma, aku ingin berobat." Ia mengirim pesan lagi. Saya bisa membayangkan bagaimana perasaan anak lanang saat itu. Maka saya segera menelpon dan menanyakan kondisinya. Apakah ia mengalami demam, sesak napas, diare, atau gangguan penyerta Covid lainnya. 

Alhamdulillah, anak lanang menjawab,"Aku nggak ngerasa demam, nggak sesak, Ma."

"Ok. Sampean hanya mengalami gejala ringan. Gak papa. Pasti segera sembuh."

"Tapi aku nggak bisa mencium bau apa-apa, Ma."

"Anosmia bisa dipulihkan. Tetap semangat, yaa."

Saya lantas mengirim pulse oximeter via gosend dan meminta ia segera mengecek saturasi oksigennya. Alhamdulillah lagi, hasil saturasi oksigennya bagus. Masih 98 persen.

Sumber: Dokumentasi pribadi
Sumber: Dokumentasi pribadi
"Gimana, Ma. Aku perlu ke Rumah Sakit apa tidak?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun