Mohon tunggu...
Elda Arista
Elda Arista Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

-

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19 di Era New Normal

13 Juli 2020   10:49 Diperbarui: 13 Juli 2020   11:02 18 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi tak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga dapat memengaruhi kondisi mental setiap orang. Terlebih lagi saat ini masyarakat dihadapkan pada aturan new normal yang mendorong masyarakat untuk beradaptasi cepat dengan kebiasaan baru. Beradaptasi pastinya tidak mudah, karena ada beberapa proses penolakan terhadap kebiasaan - kebiasaan baru yang harus dijalani. Salah satunya muncul ketidaksenangan untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan baru itu, sampai akhirnya pada tahap menerima kondisi dan mau menjalankan kebiasaan baru tersebut.

Setiap orang harus menyadari bahwa setiap orang butuh proses adaptasi yang berbeda-beda tergantung dari persepsi dan kemampuan individu untuk menerima situasi. Dalam proses adaptasi ada yang secara tak sadar menolak untuk beradaptasi dan berakhir dengan stres,selain itu , kesehatan mental bukan sekadar kejiwaannya normal atau tidak, tapi juga tentang kemampuan berpikir yang rasional, untuk mengekspresikan emosi yang dirasa dan berperilaku tepat dengan kondisi yang hadapi. 

Kesehatan mental tidak seperti kesehatan fisik yang bisa terlihat secara langsung ,tetapi mirip seperti orang yang memiliki fisik yang sakit yang butuh waktu untuk sembuh. Dengan adanya new normal semakin lama bisa menjadi gaya hidup misalnya cuci tangan secara rutin, pergi keluar menggunakan masker, dll .
 Di era new normal ini untungnya, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental kita sendiri dan untuk membantu orang lain yang mungkin memerlukan dukungan tambahan dan perawatan.

World Health Organization (WHO,2020) menyatakan bahwa berikut adalah tips dan saran menjaga kesehatan mental saat pandemi :

* Memperhatikan informasi

 Dengarkan saran dan rekomendasi dari otoritas nasional dan lokal Anda. Ikuti saluran berita tepercaya, seperti TV dan radio lokal dan nasional, dan tetap mengikuti dengan berita terbaru dari @WHO di media sosial.

Memiliki rutinitas

Teruskan dengan rutinitas sehari-hari sejauh mungkin, atau membuat yang baru.  

* Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari.

* Menjaga kebersihan pribadi.

* Makan-makanan sehat pada waktu reguler.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x