Mohon tunggu...
Elang Widya
Elang Widya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hehyo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kualitas Memang Utama tapi Kata yang Indah Bisa Menghipnotis Audiensnya

16 Februari 2023   23:05 Diperbarui: 16 Februari 2023   23:23 575
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembuatan dan Pengelolaan Konten Kreatif berupa Copywriting Sebagai Media Promosi UMKM Keripik Pisang Raja Melalui Aplikasi Digital

Tumbrep, Batang (10/2/2023), minimnya edukasi mengenai konten kreatif merupakan salah satu yang dapat mengurangi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengembangkan dan meningkatkan UMKM. Hal ini merupakan salah satu sektor yang sangat penting untuk meningkatkan perekonomian dalam sebuah UMKM agar dapat mencapai suatu target tertentu. 

Konten pada sebuah produk apalagi UMKM sangatlah penting karena hal tersebut akan mempengaruhi pada pemasaran yang dapat memenuhi sasaran yang diinginkan, jika konten tersebut menarik, pemasaran pun akan berjalan sesuai target dan begitu sebaliknya, jika konten tersebut tidak menarik, hasil pemasaran yang diinginkan pun tidak terpenuhi. Dalam kesempatan ini, mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2022/2023 memberikan edukasi kepada pelaku UMKM Keripik Pisang Raja dalam mengelola dan pembuatan konten yang menarik agar mencapai target sesuai yang diinginkan.

Pada masa sekarang manusia sudah tidak asing lagi dengan pesatnya kemajuan teknologi digital, teknologi seakan berkembang pesat tanpa ada batas. Seluruh manusia didunia telah menggunakan teknologi masa kini yaitu smartphone, yang dijadikan sebagai bahan kebutuhan pokok manusia. Para pengusaha kecil, menengah, maupun besar, banyak yang menggunakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi internet sebagai sarana untuk memenangkan dan memajukan bisnis mereka.

Pemasaran adalah memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bentuk barang ataupun jasa. Pengusaha menawarkan barang dan jasa kepada pihak konsumen dengan saling menguntungkan, dimana konsumen memperoleh barang dan jasa yang dia butuhkan, sedangkan pengusaha memperoleh keuntungan dari penjualan tersebut.

Copywriting adalah suatu metode pembuatan materi pemasaran yang mampu membujuk audiens di dalamnya untuk melakukan berbagai tindakan yang di inginkan. Copywriting hanya digunakan dalam membuat advertorial, sales letter, billboard, dan juga media pemasaran tertulis lainnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi pelaku UMKM agar dapat mengelola pemasaran dengan baik dengan adanya konten media sosial yang dibuat dapat menarik perhatian calon konsumen sehingga target dapat tepat pada sasaran dan sesuai dengan kalkulasi sebelumnya dan pelaku usaha diharuskan untuk lebih cerdas dan peka dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Oleh sebab itu sangat penting untuk perusahaan mengetahui perilaku konsumen yang selalu berkembang dengan mengetahui perilaku konsumen tersebut sebab hal ini akan menentukan pengambilan keputusan pembelian.

Pada pelaksanaannya, mahasiswa memberi penjelasan materi tentang konten kreatif berupa Copywriting. Pertama, memastikan konsep atau tema yang nantinya akan dibuat, setelah itu menentukan produk atau jasa yang akan diangkat, menggunakan waktu untuk brainstorming untuk menemukan ide pembuatan copywriting, dan yang terakhir langsung eksekusi. Hal ini dilakukan agar kelak pelaku usaha UMKM dapat mengaplikasikan metode-metode tersebut secara mandiri.

Pemaparan dan pengaplikasian materi ini dilaksanakan pada Kamis, 26 Januari 2023 berlokasi di RT 01/RW 02, Dukuh Cepoko, Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Mulai dari memastikan konsep atau tema yang nantinya akan dibuat, setelah itu menentukan produk atau jasa yang akan diangkat, menggunakan waktu untuk brainstorming untuk menemukan ide pembuatan copywriting, dan yang terakhir langsung eksekusi.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun