Mohon tunggu...
Elang Maulana
Elang Maulana Mohon Tunggu... Petani
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hanya manusia biasa yang mencoba untuk bermanfaat, bagi diri dan orang lain..

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Habib Rizieq Seru Ormas Islam Bantu Anies Soal Corona

8 April 2020   15:32 Diperbarui: 8 April 2020   15:27 200 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Habib Rizieq Seru Ormas Islam Bantu Anies Soal Corona
Kompas.com


MESKI tengah berada jauh dari Indonesia, pentolan Front Pembela Islam (FPI), Muhamad Rizieq Shihab tidak lantas melupakan tanah airnya yang sedang diguncang bencana nasional non alam. Yakni, wabah virus corona atau covid-19.

Habib Rizieq, begitu dia biasa dipanggil, memang sejak 2017 lalu telah menetap di Arab Saudi, dan hingga saat ini belum kembali ke tanah air.

Kenapa?

Banyak spekulasi yang muncul terkait hal ini. Namun yang jelas "minggatnya" Habib Rizieq dipicu oleh salah satu kasus yang saat itu mendapat sorotan publik terkait adanya dugaan pornografi. Untuk kemudian kasus ini dikenal dengan sebutan "balada cinta Rizieq".

Habib Rizieq pergi ke Arab Saudi sebelum pihak kepolisian Polda Metro Jaya Jakarta sempat memeriksanya. Tapi, lupakan tentang kasus Habib Rizieq. Biarlah hal itu menjadi ranah pemerintah dan tentunya sang habib sendiri.

Pada kesempatan ini penulis hanya ingin mengulas tentang kepeduliannya terhadap tanah air yang tengah dilanda masalah pandemi virus covid-19. 

Dalam hal ini, Habib Rizieq dengan lantangnya berseru terhadap seluruh organisasi masyarakat (Ormas) umat Islam untuk menggalang dana guna membantu tim medis yang tengah berjuang menangani para pasien yang positif terinfeksi virus corona di Indonesia.

Kendati demikian, Habib lebih menekankan terhadap Ormas Islam di Jakarta disarankan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

"Diserukan kepada FPI, PA 212, GNPF Ulama dan ormas-ormas Islam melalui sayap juang kemanusiaannya menggalang dana dalam rangka membantu tim medis di manapun mereka berada," begitu isi seruan Rizieq, seperti disampaikan oleh Sekretaris Umum FPI Munarman. Dikutip dari CNNIndonesia.

Kenapa Habib Rizieq terkesan menganak emaskan Pemprov DKI yang dipimpin Anies Baswedan?

Tak dipungkiri, Anies Baswedan memang memiliki jalinan atau hubungan baik dengan ormas-ormas Islam khususnya yang tergabung dalam Persaudaraan Alumni (PA) 212 dengan FPI salah satu penggagasnya.

Kendati demikian, bukan karena Anies lah yang menjadi alasan Habib Rizieq lebih memprioritaskan Pemprov DKI.

Masih seperti dilansir CNNIndonesia, Habib Rizieq menilai Jakarta sebagai episentrum penyebaran virus corona di tanah air.

"Khusus Jakarta sebagai episentrum penyebaran virus corona di Indonesia dan dengan korban terbanyak, maka diserukan ada rekening khusus kemanusiaan bersama ormas Islam bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, untuk kepentingan kelengkapan dan kesempurnaan APD dan sarana medis lainnya buat para pejuang medis," kata Rizieq.

Memang tak dipungkiri, dari jumlah data kasus positif secara nasional, yang paling banyak memberi kontribusi adalah DKI Jakarta. Mengingat hal ini, Anies pernah mencoba untuk mengirimkan surat permohonan karantina wilayah terhadap pemerintah pusat.

Namun, permohonannya ini ditolak. Pemerintah lebih merekomendasikan cara Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dengan maksud agar aktifitas ekonomi tidak benar-benar lumpuh.

Karena itu, akhirnya disepakati DKI Jakarta menjadi daerah pertama yang memberlakukan cara PSBB. Rencananya hal ini mulai efektif diberlakukan pada Jumat (10/4/20) mendatang.

Mudah-mudahan PSBB ini bisa menjadi solusi terbaik guna memutus rantai penyebaran virus corona. Tidak hanya di Jakarta, tetapi di seluruh tanah air.

Salam

VIDEO PILIHAN