Mohon tunggu...
Ekriyani
Ekriyani Mohon Tunggu... Guru

Pembelajar di Universitas Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Nasi Pandan, Sajian Unik dan Sehat untuk Berbuka Puasa

20 Mei 2019   17:11 Diperbarui: 25 Mei 2019   05:56 0 51 23 Mohon Tunggu...
Nasi Pandan, Sajian Unik dan Sehat untuk Berbuka Puasa
Nasi Pandan istimewa (Dokumentasi Ekriyani)

Sebenarnya sudah lama penulis ingin berbagi artikel tentang Nasi Pandan istimewa ini. Karena terkendala dengan kesibukan, maka baru kali ini penulis dapat membaginya di kompasiana. Mungkin sebagian orang belum terlalu akrab makan nasi pandan ini, maklumlah kebanyakan orang lebih menyukai makan nasi putih di siang atau malam hari, dan nasi kuning sebagai sarapan di pagi hari.

Awalnya penulis pribadi hanya mencoba mengkreasi sendiri tampilan warna nasi dengan diberi sedikit bumbu untuk menghilangkan kejenuhan yang selama ini hanya suka makan nasi putih dan nasi kuning saja, dan juga  supaya tergugah kembali nafsu makan. Setelah mencobanya, ternyata penulis dan anggota keluarga sangat menyukai nasi pandan ini.

Ide untuk membuat nasi pandan istimewa ini betul-betul murni muncul dari pikiran sendiri tanpa adanya upaya searching di google. Setelah mendulang sukses pada percobaan pertama, lalu penulis mencoba searching di Google, ternyata memang ada nasi berwarna hijau (ijo), dan penulis baca ternyata nasi tersebut digolongkan pada sebuah sebutan nasi uduk. Entahlah, penulis pribadi tidak begitu mengerti tentang nasi uduk yang berwarna hijau. Yang jelas, penulis hanya membuat nasi pandan istimewa ini berdasarkan ide yang mengalir secara alami saja.

Nasi Pandan istimewa yang disajikan bersama Telor Masak Merah (Dokumentasi Ekriyani)
Nasi Pandan istimewa yang disajikan bersama Telor Masak Merah (Dokumentasi Ekriyani)
Jika melihat dari gambar tampilan nasi pandan istimewa ini tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan, karena untuk membuat nasi pandan tidak memerlukan bahan-bahan yang terlalu banyak dan memerlukan waktu yang lama. Bahan-bahan yang diperlukan sudah tersedia di dapur pembaca masing-masing. Seandainya juga mencari keluar rumah, bahan-bahan tersebut mudah didapatkan di warung-warung sekitar.


Jadi tidak ada alasan sulit ataupun ribet dalam membuat nasi pandan istimewa ini. Berbekal rasa cinta kepada keluarga dan kesabaran dalam membuatnya, tentu akan menghasilkan sebuah masakan istimewa dengan cita rasa yang luar biasa. Dengan membuat masakan sendiri, tentu ada kepuasan tersendiri yang kita rasakan secara lahir dan batin, dan juga masakan yang kita buat sendiri tentu jauh lebih sehat dan terjaga kebersihannya.

Mungkin pembaca sedari tadi sudah merasa penasaran bagaimana cara membuat nasi pandan istimewa ini, terlebih untuk disuguhkan sebagai sajian unik untuk berbuka puasa nanti. Silahkan pembaca menyimak, mencatat, ataupun menyimpan resep berikut ini.

Bahan-bahan :
1 mangkok beras
1 sdm minyak goreng
1 mangkok santan
5 lembar daun pandan, diparut, lalu diberi air dan diperas.
1 batang serai di geprek
3 butir bawang putih dicincang/dihaluskan
Garam secukupnya

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan, kemudian masak beras seperti biasa, dan sambil sesekali di aduk.
2. Masak nasi pandan sampai matang.
3. Siap dihidangkan.

Porsi : untuk 4 orang

Bahan-bahan yang untuk Nasi Pandan istimewa (Dokumentasi Ekriyani)
Bahan-bahan yang untuk Nasi Pandan istimewa (Dokumentasi Ekriyani)
Untuk menyajikan nasi pandan istimewa ini, bisa bersama lauk apa saja. Namun lebih terasa istimewa jika disajikan bersama lalapan, telor masak merah, bistik ayam kampung, atau apa saja yang disukai oleh pembaca. Yang jelas semua bebas berkreasi memadupadankan lauk dengan nasi pandan istimewa ini.


Demikian resep dari nasi pandan istimewa kali ini. Besar harapan penulis agar pembaca bisa mempraktekkan sendiri membuatnya dengan penuh rasa cinta kasih terhadap keluarga ataupun orang-orang tersayang.

Tak lupa penulis mengucapkan terima banyak pada kompasiana sebagai wadah berbagi ilmu, pengetahuan, dan pengalaman. Semoga apa yang penulis sampaikan ini akan membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pembaca. Mohon maaf jika di dalam artikel ini masih banyak terdapat kekurangan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Nasi Pandan istimewa yang disajikan bersama Bistik Ayam Kampung (Dokumentasi Ekriyani)
Nasi Pandan istimewa yang disajikan bersama Bistik Ayam Kampung (Dokumentasi Ekriyani)
(Sungai Limas, 20 Mei 2019)