Mohon tunggu...
Eko Windarto
Eko Windarto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023

esai

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

5 Tips dalam Mendidik Anak

17 Mei 2024   05:19 Diperbarui: 17 Mei 2024   05:22 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Oleh: Eko Windarto

Penuhi kebutuhan emosi dan fisik anak Anda

Anak yang merasa dicintai, dihargai, dan aman akan menjadi anak yang bahagia dan sukses di masa depan. Oleh karena itu, orang tua harus memenuhi kebutuhan emosi dan fisik anak mereka dengan memberikan perhatian, dukungan, kasih sayang, dan mendukung kesehatan fisik mereka dengan memberikan nutrisi seimbang dan olahraga teratur.

Berikan disiplin yang konsisten

Menetapkan batasan yang jelas dan berdisiplin secara konsisten adalah penting dalam membentuk perilaku anak. Batasan harus jelas dan adil, dan konsekuensi harus dampak dari tindakan anak-anak tersebut. Orang tua harus memberikan penjelasan dan menjadi contoh yang baik tentang bagaimana perilaku yang tepat dan harmonis dalam keluarga.

Ciptakan lingkungan yang positif dan mendukung

Lingkungan rumah harus mendukung anak-anak secara fisik dan emosional. Berikan kepercayaan dan dukungan yang diperlukan untuk anak-anak untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan mereka. Jangan lupa untuk memuji dan memberi pengakuan atas hasil kerja anak dan menghormati persepsi dan perasaan mereka.


Lakukan komunikasi yang terbuka dan efektif

Berbicara dan mendengarkan anak-anak adalah komponen penting dalam mendidik anak-anak. Melakukan komunikasi terbuka dan efektif akan membantu anak-anak untuk mengekspresikan perasaan mereka dan mendorong kepercayaan diri, serta memperkuat hubungan orang tua dan anak.

Berikan konsekuensi yang wajar terhadap kesalahan dan perilaku buruk

Memberikan konsekuensi yang wajar atas perilaku buruk atau kesalahan adalah bagian penting dalam mendidik anak. Orang tua harus menetapkan batasan yang adil, menentukan konsekuensi dari perilaku yang tidak tepat, tetapi juga dalam batasan dan tidak memberikan sanksi yang berlebihan. Konsekuensi harus bertujuan untuk pembelajaran dan memperbaiki perilaku di masa depan.

Itulah kelima tips dalam mendidik anak, dimana orang tua dapat membantu anak-anak untuk tumbuh dan berkembang secara sehat dan bahagia.

Sekar Putih, 1752024

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun