Mohon tunggu...
Eko Windarto
Eko Windarto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023

esai

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Mendidik Anak Sejak Dini Sangat Penting, Ini Tipsnya

15 Mei 2024   05:41 Diperbarui: 15 Mei 2024   05:47 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Tips Mendidik Anak Sejak Dini Sangat Penting 

Oleh: Eko Windarto 

"Mendidik anak disiplin sedini mungkin menjadi hal yang sangat penting bagi orang tua. Disiplin membantu anak membangun kemandirian dan bertanggung jawab dalam hidupnya. Namun, terkadang orang tua kesulitan dalam mengajarkan disiplin kepada anak mereka secara efektif. Berikut adalah tips untuk membantu orang tua mendidik anak disiplin sedari dini."

I. Menjelaskan Makna Disiplin bagi Anak 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara mengajarkan disiplin kepada anak, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa sebenarnya makna disiplin bagi anak. Disiplin pada dasarnya adalah proses yang membantu anak untuk belajar aturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungannya. Dalam konteks ini, disiplin tidak hanya terkait pada aturan main-main di rumah atau ketika berinteraksi dengan orang tua, tetapi juga ketika anak berada di luar rumah, seperti di sekolah atau tempat umum lainnya.

Dengan pengertian ini, maka anak yang disiplin akan mampu menghargai proses belajar di sekolah, menghormati aturan yang diberikan oleh guru, serta mampu menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Jadi, menjadikan anak disiplin sejak dini sangatlah penting karena akan mengembangkan karakter dan kebiasaan positif yang melekat pada dirinya sepanjang hidup.

Baca juga: Sajak Hari Ini


II. Mengapa Mendidik Anak Disiplin Sejak Dini Sangat Penting?

Membantu Membangun Kebiasaan Baik pada Anak 

Dalam beberapa penelitian, terbukti bahwa kebiasaan baik yang ditanamkan pada masa kanak-kanak, seperti rajin membaca buku atau menjaga kebersihan, cenderung akan menjadi pola perilaku yang terus mengiringi anak bahkan sampai dewasa. Oleh karena itu, mengajarkan anak prinsip-prinsip disiplin yang baik sedini mungkin akan membantu membangun kebiasaan baik pada anak yang akan menjadi keuntungan besar ketika mereka tumbuh dewasa.

Baca juga: Sajak-sajakku

Tenaga pengajar anak dini di seluruh dunia percaya bahwa ketika anak-anak belajar disiplin sedari dini, mereka akan cenderung menjadi individu yang lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam tindakan mereka.

Menghindarkan Perilaku Buruk pada Anak 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun