Mohon tunggu...
Pendidikan

Tujuan Pendidikan Islam

23 Mei 2015   19:49 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:40 4898
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

A.Pengertian Tujuan pendidikan Islam

Tujuan ialah suatu yang diharapkan tercapai setelah sesuatu usaha atau kegiatan selesai. Maka pendidikan, merupakan suatu usaha dan kegiatan yang berproses melalui tahap-tahap dan dan tingkatan-tingkatan, tujuannya bertahap dan bertingkat. Tujuan pendidikan bukanlah suatu benda yang yang berbentuk tetap dan statis, tetapi ia merupakan suatu keseluruhan dari kepribadian seseorang, berkaitan dengan seluruh aspek kehidupannya.

Pengertian pendidikan islam, akan terlihat dengan jelas sesuatu yang diharapkan terwujud setelah orang mengalami pendidikan islam secara keseluruhan, yaitu kepribadian seseorang yang menbuatnya menjadi “insan kamil” yang artinya manusia utuh rohani dan jasmani, dapat hidup dan berkembang secara wajar dan normal karena takwanya kepada Allah SWT. Ini mengandung arti bahwa pendidikan islam itu diharapkan menghasilkan manusia yang berguna bagi dirinya dan masyarakatnya serta senang dan gemar mengamalkan dan mengembangkan ajaran islam dalam berhubungan dengan Allah dan dengan manusia sesamanya.

Dalam adagium ushuliyah dikatakan bahwa “al-umur bimaqoshidiha” adalah setiap tindakan dan aktivitas harus berorientasi pada tujuan atau rencana yang telah ditetapkan. Hal ini karena dengan berorientasi pada tujuan itu, dapat diketahui bahwa tujuan dapat berfungsi sebagai standar untuk mengakhiri, serta mengarahkan usaha yang dilalui dan merupakan titik pangkal untuk mencapai tujuan-tujuan lain.

Perumusan tujuan pendidikan islam harus berorientasi pada hakikat pendidikan yang meliputi beberapa aspeknya, misalnya:

1.Tujuan dan tugas hidup manusia

Manusia hidup buakn karena kebetulan dan sia-sia, ia diciptakan dengan membawa tujuan dan tugas hidup tertentu. Tujuan diciptakannya manusia adalah hanya untuk Allah SWT. Indikasi tugasnya berupa ibadah dan tugas sebagai wakil Allah dimuka bumi.firman Allah dalam QS Al-an’am: 162 yang artinya:

“sesungguhnya salatku, ibadahku, dan matiku hanya untuk Allah Tuhan sekalian alam”.

2.Tuntutan masyarakat

Tuntutan ini baik berupa pelestarian nilai-nilai budaya yang telah melembaga dalam kehidupan suatu masyarakat, maupun pemenuhan terhadap tuntutan kebutuhan hidupnya dalam mengantisipasi perkembangan dan tuntutan dunia modern.

B.Kedudukan tujuanpendidikan islam

Merumuskan tujuan dalam pendidikan islam merupakan syarat mutlak untuk mendefinisikan pendidikan itu sendiri yang paling tidak didasarkan atas konsep dasar mengenai manusia, alam dan ilmu serta dengan pertimbangan prinsip-prinsip dasarnya. Hal tersebut disebabkan pendidikan adalah upaya yang paling utama, bahkan salah satunya untuk membentuk manusia menurutapa yang dikehendakinya. Oleh karena itu, menurut para ahli pendidikan , tujuan pendidikan pada hakikatnya merupakan rumusan-rumusan dari berbagai harapan ataupunkeyakinan manusia.

Tujuan pendidikan merupakan kedudukan yang sangat penting. Ada empat fungsi tujuan pendidikan menurut rumusan Ahmad D.Marimba (1962: 45-46), yaitu:

1.Tujuan berfungsi mengakhiri usaha

2.Tujuan berfungsi mengarahkan usaha

3.Tujuan berfungsi sebagai titik pangkal untuk mencapai tujuan-tujuan lain, yaitu tujuan –tujuan baru maupun tujuan-tujuan lanjutan dari tujuan pertama

4.Tujuan memberi nilai pada sifat usaha itu

C.Prinsip-prinsip dalam tujuan pendidikan islam

Tujuan pendidikan islam mempunyai prinsip-prinsip tertentu guna menghantarkantercapainya tujuan pendidikan. Prinsip itu adalah:

1.Prinsip syumuliah (universal)

Prinsip ini memandang keseluruhan aspek agama manusia, masyarakat dan kehidupan, serta adanya wujud jagad raya dan hidup, aqidah, ibadah dan akhlak. Prinsip ini menimbulkan tujuan pendidikan dengan membuka, mengembangkan, dan mendidik segala aspek pribadi manusia.

2.Prinsip keseimbangan dan kesederhanaan

Prinsip ini adalah keseimbangan antara berbagai aspek kehidupan pada pribadi seseorang.

3.Prinsip kejelasan

Prinsip yang didalamnya terdapat ajaran dan hukum yang memberi kejelasan terhadap jiwa dan akal manusia dan hukum masalah yang dihadapi.

4.Prinsip tak bertentangan

Prinsip yang didalamnya terdapat ketiadaan pertentangan antara berbagai unsur dan cara pelaksanaannya.

5.Prinsip perubahan yang diingini

Prinsip perubahan tingkah laku jasmaniah, akal, sosial, pengetahuan, pikiran, kemahiran, sikap belajar pada tingkat kesempurnaan.

6.Prinsip menjaga perbedaan-perbedaan individu

Prinsip yang memperhatikan perbedaan ciri-ciri, kebutuhan, kecerdasanakal, emosi dan segala aspeknya.

D.Tujuan pendidikan islam

Ada beberapa tujuan pendidikan diantaranya sebagai berikut

1.Tujuan umum

Tujuan umum ialah tujuan yang akan dicapai dengan semua kegiatan pendidikan, baik dengan pengajaran atau dengan cara lain. Tujuan ini meliputi seluruh aspek kemanusiaan yang meliputi sikap, tingkah laku, penampilan, kebiasaan dan pandanagan. Tujuan umum ini berbeda pada setiap tingkat umur, kecerdasan, situasi, dan kondisi, dengan kerangka yang sama.

Cara atau alat yang paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan adalah pengajaran.. karena itu pengajaran sering diidentikkan dengan pendidikan. Tujuan umum itu tidak dapat dicapai kecuali setelah melalui proses pengajaran, pengalaman, pembiasaan, penghayatan dan keyakinan atau kebenarannya. Tahap-tahap dalam mencapai tujuan itu pada pendidikan formal (sekolah, madrasah), dirumuskan dalm bentuk tujuan kurikuler yang selanjutnya dikembangkan.

2.Tujuan sementara

Tujuan sementara ialah tujuan yang akan dicapai setelah anak didik diberi sejumlah pengalaman tertentu yang direncanakan dalam suatu kerikulum pendidikan formal.Pada tujuan sementara bentuk insan kamil dengan pola takwa sudah kelihatan meskipun dalam ukuran sederhana, sekurang-kurangnya beberapa ciri pokok sudah kelihatan pada pribadi anak didik. Tujuan pendidikan islam seolah-olah merupakan suatu lingkaran yang pada tingkat yang paling rendah mungkin merupakan suatu lingkaran kecil. Semakin tinggi tingkat tingkatan pendidikannya, lingkaran tersebut semakin besar.sejak tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasr, gambaran insan kamil itu hendaknya sudah kelihatan. Dengan kata lain, bentuk insan kamil dengan pola takwa itu harus kelihatan dalam semua tingkat pendidikan islam. Karena itu setiaplembaga pendidikan islam harus dapat merumuskan tujuan pendidikan islam sesuai dengan tingkatan jenis pendidikannya.

3.Tujuan operasional

Tujuan operasional adalah tujuan praktis yang akan dicapai dengan sejumlah kegiatan pendidikan tertentu. Satu unit kegiatan pendidikan dengan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan dan diperkirakan akan mencapai tujuan tertentu disebut tujuan operasional.

Dalam tujuan operasional ini lebih banyak dituntut dari anak didik suatu kemampuan dan keterampilan tertentu. Sifat operasionalnya lebih ditonjolkan dari sifat penghayatan dan kepribadian. Untuk tingkat yang paling rendah, sifat yang berisi kemampuan dan keterampilanlah yang ditonjolkan. Misalnya, ia dapat berbuat , terampil melakukan, lancar mengucapkan, mengerti, memahami adalah soal kecil.

4.Tujuan akhir

Pendidikan islam ini berlangsung selama hidup, maka tujuan akhirnya terdapat pada waktu hidup didunia ini telah berakhir pula. Tujuan umum yang berbentuk insan kamil dengan pola takwa dapat mengalami naik turun, bertambah dan berkurang dalam perjalanan hidup seseorang. Perasaan, lingkungan dan pengalaman dapat mempengaruhinya. Karena itulah pendidikan islam itu berlaku selama hidup untuk menumbuhkan, memupuk, mengembangkan, memelihara dan mempertahankan tujuan pendidikan yang telah dicapai.

Tujuan akhir pendidikan islam itu dapat dipahami dalam firman allah QS Ali-Imran :102 yang artinya: “wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa, dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim (menurut ajaran islam).

Tujuan pendidikan islam menurut perspektif para ulama, adalah sebagai berikut:

1.Menurut Abdurahman Saleh Abdullah

Mengatakan bahwa pendidikan islam bertujuan untuk membentuk kepribadian sebagai kholifah Allah swt atau sekurang-kurangnya mempersiapkan kejalan yang mengacu pada tujuan akhir. Tujuan utama kholifah allah adalah beriman kepada allah dan tunduk serta patuh kepada-Nya.

2.Menurut M.Djunaidi Dhany

Mengatakan bahwa tujuan pendidikan iaslam adalah sebagai derikut:

a.Pembinaan kepribadian anak didik yang sempurna

ØPendidikan harus mampu membentuk kekuatan dan kesehatan badan serta pikiran anak didik

ØSetiap individu, maka anak harus dapat mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin

b.Peningkatan moral, tingkah laku yang baik dan menanamkan kepercayaan anak terhadap agama dan kepada tuhan

c.Mengembangkan intelegensi anak secara efektif agar mereka siap untuk mewujudkan kebahagiaannya di masa mendatang.

3.Menurut Hasan Langgulung

Tujuan pendidikan islam harus mampu mengakomodasikan 3 fungsi utama dari agama, antara lain:

a.Fungsi spiritual, yaitu berkenaan dengan aqidah dan iman

b.Fungsi psikologis, yaitu yang berkaitan dengan tingkah laku individu

c.Fungsi sosial, yaitu berkaitan dengan aturan-aturan yang menghubungkan manusia dengan manusia lain atau masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun