Mohon tunggu...
Eko Wahyudi
Eko Wahyudi Mohon Tunggu...

Hidup ini tergantung pikiran kita!\r\n\r\nMari berpikir positif :)

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

4 Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing

28 Oktober 2013   05:08 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:57 0 0 2 Mohon Tunggu...

Selamat pagi sahabat, pagi ini saya akan menyelipkan sebuah wacana di Kompasiana yaitu tentang kelebihan dan kekurangan Internet Marketing atau sering disebut dengan bisnis on line. Artikel ini aku kutipkan dari sebuah blog yaitu daniarmurdi.blogspot.com. Mungkin anda yang sudah lama bergelut dalam dunia internet tidak akan asing dengan kata yang satu ini "Internet Marketing". Perkembangan teknologi mempermudah segala urusan manusia termasuk dalam bidang pemasaran terlebih bagi yang mulai dan sudah lama memanfaatkan internet sebagai lahan bisnis dalam mengembangkan,dan mempromosikan usahanya. Kelebihan internet marketing membuat banyak orang mulai tertarik memanfaatkanya dengan berbagai macam cara. Pemasaran dalam mode perdagangan ada dua pada jaman sekarang ini yang pertama pemasaran real dimana pedagang dan pembeli bisa bertemu secara langsung dalam proses transaksi barang yang akan dijual. Kemudian yang kedua Internet Marketing, modelnya sangat berbeda dengan pemasaran real dimana mode transaksi melalui iternet marketing tidak mempertemukan secara langsung antara penjual dan pembeli melainkan melalui perantara dunia maya atau internet. Kenapa banyak orang tertarik berbelanja lewat internet ? jawabnya internet marketing dianggap memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pemasaran langsung.

Berikut beberapa keunggulan Internet Marketing

1. Irit Waktu Tentu saja berbelanja oneline tidak menyita banyak waktu anda. Jika anda sudah memiliki barang yang anda sukai maka tinggal klik, lakukan transaski lewat iternet sambil tiduran dan minum kopi juga bisa. Kemudahan dalam hal ini membuat banyak orang memilih berbelanja oneline. 2. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu Berbelanja on line tidak mengenal hari libur, kapanpun dan dimanapun anda mau anda bisa melakukan belanja on line asalkan pemilik lapak bisa menanggapi permintaan anda. 3. Tidak Membutuhkan Modal yang Besar Ini khusus bagi pemilik barang, membuka toko on line akan memakan biaya yang sangat kecil. Anda tinggal membuat website toko on line dan siap untuk mempromosikan serta menjual barang anda. Modal yang kecil untuk membangun usaha internet marketing tentu saja sangat berbeda jauh dibandingkan dengan besarnya modal ketika membangun usaha real seperti sewa gedung, pegawai, perlengkapan, peralatan, penyusutan barang dan masih banyak yang lainya. 4. Jangkauan yang Luas Tidak bisa dipungkiri kebebasan akses internet sudah merambat diseluruh bagian dunia. Hal ini akan dengan mudah memperkenalkan prodact anda pada banyak orang. Itulah pembahasan singkat mengenai kelebihan internet marketing, untuk menyempurnakan tulisan ini, maka saya akan meyajikan kekurangan internet marketing yang wajib anda tahu. Simaklah ulasan dibawah ini:

Kekurangan Internet Marketing

Setelah saya menuliskan 4 Kelebihan internet marketing maka kali ini kita akan melanjutkan bahasan mengenai 4 kekurangan internet marketing. Pada dasarnya ketika kita mengetahui kelebihan sesuatu maka kita dengan mudah menalar kekuranganya. Mengetahui kelemahan dan kekurangan internet marketing tentu sangat penting untuk membuka wawasan kita agar lebih mantap dalam memulai usaha melalui internet. Berikut beberpa kekurangan internet marketing. 1. Mode Transaksi Setiap model usaha tentu memiliki model transaksi yang berbeda, dalam hal ini untuk melakukan transaksi berbelanja melalui internet anda akan menggunakan mode transfer pembayaran baik melalui bank lokal dan internasional. Khususnya anda sebagai pembeli yang mungkin akan memutuskan pilihan berbelanja melalui situs terbesar di dunia seperti amazon, lazada maka anda harus memiliki master card, paypal dan jenis pembayaran yang tidak menggunakan bank lokal. Hal ini tentunya akan memberikan kesulitan bagi kita yang tidak terbiasa meggunkan model ini. 2. Keabsahan Barang Ketika anda berbelanja melalui internet maka akan disediakan beberapa pilihan seperti: Nama barang, kenggulan, cara menggunakan, spesifikasi dan ada satu hal yang tidak bisa ditawarkan kepada anda yaitu; Kesempatan secara langsung bisa meraba, melihat barang yang akan anda beli. Hal ini akan berdampak pada kurangnya keamanan pada barang yang cenderung cepat rusak disebabkan anda tidak bisa memerikasanya secara langsung. Untuk mengatasi hal ini pilihalah toko atau web yang sudah terkenal dan menyediakan garansi untuk barang yang akan anda beli. 3. Koneksi dan Jaringan Internet Ini adalah faktor vital yang menunjang berjalanya bisnis lewat internet. Tanpa koneksi dan jaringan yang memadai maka anda akan kesulitan melakukan transaksi dalam  pembelian. Selain itu Koneksi dan jaringan internet juga modal awal bagi para pengusaha internet marketing dalam mempromosikan barangnya tanpa itu maka bisnis ini akan pailid alias tidak berjalan. 4. Selera Konsumen Setiap konsumen tentu memiliki selera belanja yang berbeda. Ada kalanya konsumen lebih senang berbelanja langsung di Mall di Pasar sembari kumpul dengan keluarga. Selain itu untuk meminimalisir bentuk penipuan banyak konsumen yang enggan berbelanja lewat internet. Semoga ke-empat kekurangan dan kelebihan internet marketing ini bisa menjadi acuan anda dalam memutuskan kemana anda akan berbelanja. Dan saya juga mencoba menggunakan metode Internet Marketing karena saya tidak memiliki waktu yang longgar untuk memasarkan prodact yang saya tawarkan. Selain saya sibuk dengan perkuliahan, saya juga sibuk untuk bekerja sehingga saya memilih untuk menggunakan metode Internet Marketing ini. Sekian artikel yang bisa saya kutipkan untuk sahabat pagi ini, semoga bermanfaat.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x