Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Penulis - Menulis itu Hidup

Pantang mundur seperti Ikan

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Atasi Pasang Surut Hobby Menulis

27 September 2021   22:10 Diperbarui: 27 September 2021   22:16 91 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Atasi pasang surut Hobby menulis (Gambar Desain Pribadi)

Setiap penulis, selalu mengalami kejadian pasang surut dalam proses kreatifnya, termasuk saya sendiri. Tulisan ini sebenarnya pertanyaan yang saya jawab sendiri. Sebuah solusi atasi pasang surut Hobby menulis. Semoga menginspirasi.

Membangun Passion Menulis 

Untuk apa menulis? Itulah power utama yang jadi motor penggerak passionmu dalam menulis. Tanpa passion, seorang penulis akan banyak kehilangan mood dan melalaikan ide yang sliwar sliwer di kepalanya. Ini penting dibangun, karena tanpa passion, penulis ibarat tidak tahu tujuan dasar dalam proses kreatifnya. 

Ada banyak passion yang bisa dibangun pada diri penulis. Bagi penulis profesional, pasang surut ini tidak terjadi. Karena dia menulis passionnya tugas dari lembaga yang menaunginya. 

Ada kewajiban yang harus dijalankan, jika lalai, dia melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku dari lembaga yang menggajinya secara profesional. 

Penulis yang dosen peneliti juga enjoy saja menulis. Tapi bagaimana penulis freelance yang menjadikan menulis sebagai Hobby, pasang surut ini pasti bisa saja terjadi. 

Saya sendiri bisa mengalami, karena passion menulisnya bersifat kemandirian, tergantung mood, tak digaji dan tergantung suasana hati apakah peka atau tumpul menerima ide yang lewat dikepala. 

Passion menulis ini mutlak dimiliki karena disitulah kunci awal receh menulismu. Tanpa passion, Hobby menulis akan mengalami pasang surut signifikan. Passionnya apa? Terserah yang bersangkutan, karena roh penulis freelance adalah merdeka menulis, dan jadi dirinya sendiri.

Cintai Hobby menulismu 

Buatlah dirimu tersiksa, jika hari itu tak menulis. Itu yang saya lakukan. Jadi sesibuk apapun diluar Hobby menulismu, buat tagihan menulis pada diri sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan