Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Penulis - Hidup Indah dengan Menulis dan Berbagi

Penulis Sejarah, Budaya, motivasi dan sastra. Pegiat Kampung Sejarah dan Kampung Nila Slilir. Pegiat Sejarah dari Museum Reenactor Ngalam di Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Sumber Gizi dari Kebun Rumah

26 Juli 2021   19:08 Diperbarui: 26 Juli 2021   19:19 64 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sumber Gizi dari Kebun Rumah
Dokpri Kampung Nila Slilir

Tak hanya sayur mayur, Memanfaatkan kebun rumah untuk budidaya Ikan Nila adalah pilihan brilian yang layak dipinang. Memang bisa budidaya ikan nila dilahan sempit? Itulah inovasi yang di kembangkan Kampung Nila Slilir, kelurahan Bakalan Krajan Kota Malang. berikut kisah budidaya nila di kebun rumah ternyata membawa berkah.

Berawal dari Pandemi 

Dampak pandemi covid diawal tahun 2020 telah memicu lahirnya inovasi si Ikan Nila di Kampung Nila Slilir. Tujuannya adalah menciptakan peluang usaha di rumah melalui budidaya bioflok ikan nila. Keterbatasan lahan diperkotaan, menjadikan kolam terpal bioflok menjadi suatu inovasi wfh, work from home. Hasil panen selain bisa dijual untuk meningkatkan pendapatan keluarga, ternyata juga berguna untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan pemenuhan gizi. Ikan nila cukup digemari dan bisa diolah sebagai menu makanan yang kaya gizi, terutama kandungan protein yang sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak anak. Hingga setahun berlalu, inovasi si ikan nila ini terus berkembang dan kelak akan menjadikan kelurahan Bakalan Krajan Kota Malang sebagai sentra intensif budidaya Nila kota Malang.

Sumber Gizi dari Kebun Rumah 

Dengan memanfaatkan kolam terpal bioflok, ternyata bisa mendayagunakan kebun dan pekarangan rumah menjadi kolam budidaya. Berikut kelebihan bioflok nila bisa dilihat divideo berikut
Dengan media bioflok, ternyata bisa hemat pakan dan dalam 4 bulan sudah bisa dipanen sebagai nila konsumsi. Satu kilo bisa mencapai 4,5, 6 ekor ikan nila.

Bobot ikan nila
Bobot ikan nila

Ikan nila bisa terus tumbuh besar dan panen ideal bisa dicapai dalam 4 bulan masa budidaya dengan tingkat bobot layak untuk dikonsumsi.

Hasil panen siap konsumsi
Hasil panen siap konsumsi

Hasil panen ikan nila 
Hasil panen ikan nila 

Inovasi si ikan nila ini sangat membantu meningkatkan pemenuhan gizi keluarga karena hasil budidaya bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Bahkan dengan metode budidaya bioflok, tekstur daging ikan terasa lebih lezat dan digoreng biasa dengan bumbu garam saja sudah terasa lezat dan sangat nikmat sebagai lauk untuk menu makanan sehari hari. Dan uniknya, dengan metode bioflok ini, ternyata ikan tidak bau tanah, seperti ikan nila yang dipelihara di tambak atau waduk, sehingga olahan nila bioflok sangat digemari sebagai menu yang menarik dan lezat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x