Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Hidup itu berarti saat Mau belajar, Membaca dan Menulis

PNS, Pegiat sejarah dari Komunitas Reenactor Ngalam, Penggelola Musium Reenactor Ngalam dan Penulis Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kendala Mati Ide Menulis, Bagaimana Jalan Keluarnya?

7 Agustus 2019   14:48 Diperbarui: 7 Agustus 2019   14:59 0 6 0 Mohon Tunggu...
Kendala Mati Ide Menulis, Bagaimana Jalan Keluarnya?
Ilustrasi gambar dari busy.org

Lama tak menulis, ketika menulis lagi ternyata mati ide. Bagaimana jalan keluarnya? inilah pertanyaan ringan, tapi berat memberikan solusinya. 

Pertanyaan ini muncul ketika diskusi kecil di Kelompok Reenactor Menulis, 7 Juli 2019 di Musium Reenactor Ngalam. Agar semua pembaca bisa mengetahui jawabannya, berikut ulasannya.

Mau Menulis apa?
Idealnya, Jadi Penulis produktif yang dihargai setiap karyanya dan menghasilkan nilai Finansial adalah cita cita setiap penulis. Penulis juga butuh hidup, minimal beli paket data Internet agar dia bisa online, browsing dan mengirim karyanya ke media  online. 

Namun tidak semua penulis bisa produktif menulis. Banyak kendala dihadapi para penulis. Rata rata mereka bingung mau menulis apa? Bahkan ketika diberi tugas menulis tema ini atau itu dan diberi bahannya sekalipun, dia tetap tidak mampu berkarya. Berikut identifikasi penyebab mati ide para penulis.

1. Tidak punya fokus khusus untuk tema tulisannya. Tema tema tulisannya umum, dan sudah banyak orang lain yang menulisnya, sehingga menulis sebaik apapun, tema tulisan itu kurang menarik minat pembaca karena temanya sama dengan tema tulisan penulis terkenal dan tidak ada kekhususan pada output tulisannya.

2. Takut. Inilah penyakit kambuhan para penulis, yaitu ada semacam ketakutan pada dirinya sendiri yang merupakan kurangnya rasa percaya diri dan khawatir atas karyanya. jangan jangan ini, jangan jangan itu. Takut itu alamiah, tapi takut membunuh kreativitas berkarya.

3. Banyak masalah. Penulis yang mengalami banyak problem dan masalah dalam hidupnya akan mengurangi kreatifitas menulisnya, karena menulis membutuhkan pikiran tenang, terkontrol dan fokus. Jika dipaksakan, output tulisannya bocor. artinya terlalu emosional dan unsur pribadi masuk dalam tulisannya.

4. Tidak punya motivasi dan banyak alasan.

5. Mau Nulis apa? Tidak Tahu.

Itu 5 hal pokok penyebab penulis mati ide dalam berkarya. Mereka terjebak dalam kondisi dimana tidak tahu lagi mau menulis apa. Bagaimana solusinya?

Solusi Mati Ide
Tiap Orang sebenarnya bisa menulis. Minimal menulis namanya sendiri. Menulis adalah pekerjaan Intelektual, dimana yang bersangkutan punya visi ke depan soal apa yang dia ketahui agar bermanfaat bagi orang lain melalui tulisannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x