Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Hidup itu berarti saat Mau belajar, Membaca dan Menulis

PNS, Pegiat sejarah dari Komunitas Reenactor Ngalam, Penggelola Musium Reenactor Ngalam dan Penulis Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Anti Sosial, Gaya Hidup "Zaman Now"?

28 Juni 2018   00:53 Diperbarui: 28 Juni 2018   09:37 1772 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anti Sosial, Gaya Hidup "Zaman Now"?
Ilustrasi: shutterstock

Seperti Inikah Gaya hidup Zaman Now itu? Semua sibuk dengan dunia gadget yang ada di genganggamannya masing masing dan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya? Apakah ini yang disebut modern? Yuk ikuti liputan berikut ini

Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang hidup bermasyarakat (zoon  politicon). Keutuhan manusia akan tercapai apabila manusia sanggup  menyelaraskan perannya sebagai makhluk ekonomi dan sosial. 

Sebagai  makhluk sosial (homo socialis), manusia tidak hanya mengandalkan  kekuatannya sendiri, tetapi membutuhkan manusia lain dalam beberapa hal  tertentu. Misalnya, dalam lingkungan manusia terkecil yaitu keluarga.  Dalam keluarga, seorang bayi membutuhkan kasih sayang kedua orang tuanya  agar dapat tumbuh dan berkembang secara baik dan sehat.

Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya  sendiri.Karena manusia menjalankan peranannya dengan menggunakan simbol  untuk mengkomunikasikan pemikiran dan perasaanya. Manusia tidak dapat  menyadari individualitas, kecuali melalui medium kehidupan sosial.

Sebagai masyarakat Indonesia, setiap manusia saling membutuhkan satu  sama lainnya tentunya dalam hal yang positif. Saling bersosialisasi  antara satu sama lainnya membuat interaksi yang kuat untuk mengenal  kepribadian manusia lain. Manusia yang mudah bersosialisasi adalah  manusia yang dapat atau mampu menjalankan komunikasi dengan baik dengan  lingkungan sekitarnya. 

Yuk amati foto berikut, apakah ini disebut modern ala "Zaman Now"

Ilustrasi: Shutterstock
Ilustrasi: Shutterstock
Gambar ini menunjukan gaya hidup anak anak kita, bertemu teman temannya, berkumpul tapi bukan untuk bersosialisasi. Mereka sibuk dengan gadget smartphone masing masing tanpa memperdulikan lingkungan sekitarnya. ini yang disebut Sikap Antisosial yaitu sikap dan perilaku yang tidak mempertimbangkan  penilaian dan keberadaan orang lain ataupun masyarakat secara umum di  sekitarnya. 

Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman yang semakin cepat, membuat cara berkomunikasi antar individu pun mengalami perubahan. 

Dari cara berkomunikasi harus bertatap muka dan secara lisan, maka pada era modern ini, jika kita ingin berkomunikasi dengan individu lain kita tidak harus bertatap muka dahulu dan secara lisan, kita bisa menggunakan smartphone kita masing-masing sebagai alat penyampaian pesan kepada teman kita atau lawan bicara kita. 

Dengan smartphone yang bentuknya praktis dan fungsinya dapat membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Smartphone ini dapat melakukan banyak hal seperti menelpon orang lain, main game, video call dengan orang lain, bermain sosial media, belanja online, atau membaca novel secara digital. Kehadiran smartphone seakan menjadi kebutuhan pokok bagi kita sebagai masyarakat modern. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN