Mohon tunggu...
Eko N Thomas Marbun
Eko N Thomas Marbun Mohon Tunggu... Penulis suka-suka

Penulis suka-suka. Lahir di Tanah Toba, merantau ke Jogja lalu stuck di Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Membaca Peluang di Bulan Suci

15 April 2021   22:19 Diperbarui: 15 April 2021   22:32 248 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membaca Peluang di Bulan Suci
Sumber Gambar: pinterest.com/jamallaeli

Bulan Ramadhan tentu bukan bulan yang sama seperti bulan-bulan lain. Pemerintah misalnya untuk menghormati orang puasa sampai mengubah jam kerja. Rata-rata jam kerja dikurangi 1 jam dari biasanya.

Hal ini tentu berdampak bagi kita selain volume kerja yang biasanya tidak terlalu padat selama bulan puasa. Ada waktu luang yang semestinya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal baik.

Menarik memang di Bulan Ramadhan semua orang berburu pahala. Oleh karena itu, daripada kamu mandangi jam atau tidur panjang menunggu waktu berbuka. Ada baiknya kamu melakukan hal-hal berikut untuk menambah skill dan pengetahuan kamu.

Syukur-syukur di ujung Ramadhan nanti selain dapat pahala kamu juga dapat bonus skill mumpuni yang berguna bagi kemaslahatan orang banyak. Apa saja yang bisa kamu lakukan selama Bulan Ramdhan.

Menambah Koleksi Bacaan

Kegiatan ini terbilang gampang-gampang susah. Orang Indonesia terkenal minat bacanya yang rendah. Tapi, tidak ada salahnya kamu untuk mencoba. Kamu hanya perlu mencari sesuatu untuk dibaca. Paling direkomendasikan sih kamu baca Al Quran!

Tapi bisa juga tentang buku-buku keagamaan atau buku lain. Nah, nanti diujung Ramdhan tabungan kamu dibuka. Kira-kira berapa bab, surat atau berapa buah buku yang habis kamu baca.

Tapi, ingat jangan membaca sekedar membaca saja. Kamu perlu untuk menulis poin-poin penting dari bacaan kamu. Supaya kelak kamu butuh tidak perlu memulai dari awal lagi tapi cukup membuka catatan-catatan kamu.

Menambah Soft Skill

Jangan terlalu berpikir jauh kalau soft skill terkait dengan dunia per-IT-an. Benar sih tapi gak sebenar itu juga. Kalau saya sih memandang soft skill itu kemampuan yang mungkin tidak kamu dapat dari latar belakang pendidikan kamu.

Misalnya, nih, kamu sarjana komunikasi tentu tidak diajari nyetir bukan. Atau kamu lulusan SMA tentu tidak diajari basaha pemograman, tata boga atau yang lainnya yang diajari di SMK.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN