Mohon tunggu...
Eka  Sriwahyuni
Eka Sriwahyuni Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Bahaya Tidur Larut Malam bagi Kesehatan Tubuh

18 Mei 2017   23:34 Diperbarui: 18 Mei 2017   23:42 1206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

pada mulanya saya tidak pernah berpikir untuk menulis seperti ini, tetapi karena kebetulan ada tugas matakuliah saya yang dosenya mengharuskan untuk menulis. pada awalnya saya bingung, saya mau tulis apa ?? sayakan blum pernah nulis artikel seperti ini. tp pada suatu hari saya terpikir tentang kebiasaan buruk saya yaitu suka begadang alias suka tidur larut malam. dan pada akhirnya saya buatlah artikel ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat yah.

saya itu salah satu mahasiswi di salah satu universitas di sultra. untuk mahasiswa selalu yang jadi permasalahan itu adalah suka mengerjakan tugas pada saat tugas itu akan di kumpul dan pada akhirnya mahasiswa sering melakukan istilah "SKS" (Sistim kerja semalam) dan pada akhirnya mengharuskan mereka untu begadang atau tidur larut malam. pada sebagian dari mahasiswa sadar dan tahu bahwa perilaku tersebut itu sangat tidak baik untuk kesehatannya, tp masih sering juga di lakukan. 

inilah beberapa bahaya yang di akibatkan karena suka tidur larut malam :

1. dapat melemahkan daya otak. kenapa ini dapat terjadi ? ini di sebabkan karena kurangnya waktu tidur. otak juaga harus istirahat, pada saat kapan kah otak kita beristirahat ? otak kita beristirahat pada saat kita tidur dan jiak waktu tidur kita itu cukup otak kita menstimulasi reaksi yang bernama"riak gelombang tajam". yang berperan dalam penguatan memori. ini menurut jurnal kesehatan yang saya baca.

2. menyebabkan diabetes. tidur larut malam juga dapat merusak hormon dalam tubuh. 

3.melemahkan imun.

saya juga akan memberikan tips saya agar dapat mengurangi kebiasaan tidur larut malam :

1. jika ada tugas yang telah di berikan pada dosen pada hari itu di usahakan di kerja sebelum detlaine waktu yang telah di tentukan.

2. lepas semua aktivitas apa pun yang di lakukan jika sudah di atas jam 10 malam. dan dapat di sambung pada subuh.

mungkin itu saja yang dapat saya sharing jika ada yang salah dan kurang mohon di maafkan. semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun