Mohon tunggu...
Eka Sari
Eka Sari Mohon Tunggu... Guru - 10.08.1995

Mathematics Education.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengaruh Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

20 Agustus 2019   07:50 Diperbarui: 24 Juni 2021   05:57 6736 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari
Pengaruh Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari. | freepik

Matematika adalah mata pelajaran yang berperan penting dalam dunia pendidikan. Kenyataan ini dapat terlihat dari mata pelajaran matematika selalu dihadirkan mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga tingkat pendidikan atas. Mulai dari TK, SD, SMP, SMA/SMK bahkan perguruan tinggi pun masih menghadirkan matematika sebagai mata pelajaran wajib diikuti. 

Bahkan pada tingkatan Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD), anak sudah dikenalkan dengan bentuk--bentuk angka sebagai simbol dasar matematika.

Baca juga: Mengapa Soal Matematika Harus Logis?

Kline (1973) mengatakan bahwa matematika itu bukan pengetahuan yang menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tapi keberadaannya itu untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial, ekonomi dan alam. Ilmu matematika dapat diterapkan untuk mempelajari ilmu lainnya seperti kimia, fisika, biologi, ekonomi, sosial, kedokteran, arsitektur dan teknik. 

Dan juga dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik untuk mengungkapkan pengaruh matematika dalam kehidupan sehari-hari. 

Pasti kamu pernah bertanya , kenapa kita harus belajar matematika?

kadang kita malah berfikir apa ya manfaatnya belajar matematika?

Apakah ada hubungan belajar matematika untuk kehidupan sehari-hari?

Baca juga: Benarkah Matematika Mengajarkan: Jika Bisa Dipersulit Mengapa Harus Dipermudah?

Ada banyak pertanyaan tentunya, nah kita cari tau yuk apa alasannya belajar matematika . Tentunya ada manfaat yang didapat untuk kita dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

  1. Matematika melatih kita untuk menjadi manusia yang lebih Cermat, Teliti dan tidak Ceroboh. Bukankah begitu? coba saja saat kita sedang menghitung jumlah sesuatu dan kemudian kita merasa ragu dengan hasilnya , bukankah dengan begitu kita jadi menyadari kesalahan dan menghitung ulang kembali agar tidak salah hasilnya? nah dari pemahaman tersebut dapat disimpulkan bahwa matematika dapat membantu kita untuk lebih cermat, teliti dan tidak ceroboh. 
  2. Matematika melatih cara berfikir yang Sistematis . Adakah kita ketahui bahwa cara berfikir matematika itu sistematis, melalui urutan-urutan teratur dan tertentu.  Dengan belajar matematika, tanpa disadari kita dapat memecahkan masalah dengan cara sistematis dan dapat menyelesaikannya dengan lebih mudah .
  3. Matematika melatih kita menjadi orang yang Sabar . Betulkah begitu? Tentu saja, saat kita berusaha menyelesaikan soal matematika dengan cara penyelesaian yang sangat rumit dan panjang , kita harus sabar dan tidak mudah putus asa .
  4. Matematika membantu kita berfikir Rasional dan Logis . Dalam kehidupan sehari-hari berfikir rasional dan logis akan membantu kita dalam mengendalikan emosi serta meningkatkan pola pikir secara mandiri dan tajam .
  5. Matematika membantu Aktivitas dan Pekerjaan sehari-hari. Ilmu matematika selalu bersentuhan dengan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Dengan belajar matematika kita akan mudah menghitung laba rugi, menghitung uang tabungan dan gaji serta menghitung perkiraan biaya listrik dan air.

Baca juga: Pengaruh Matematika bagi Generasi Muda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x