Mohon tunggu...
Eka Nur Khoirala
Eka Nur Khoirala Mohon Tunggu... Mahasiswa - Haii :) Aku mahasiswa Universitas Negeri Malang angkatan 2018

Be good, do good

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN UM Desa Kemulan Gelar Sosialisasi Pentingnya Kesehatan Mental

29 Juli 2021   13:46 Diperbarui: 29 Juli 2021   14:17 396 0 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Turen, Malang. Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Jika kesehatan mental terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidup juga bisa menurun. Mental yang sehat maka dapat memungkinkan seseorang untuk menikmati kehidupan sehari-hari dengan lebih baik. Seseorang yang memilliki mental sehat dapat mengendalkan dirinya untuk melakukan tindakan yang positif, lebih bahagia dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

Menyadari betapa pentingnya kesehatan mental terhadap kehidupan seseorang, beberapa mahasiswa KKN UM model regular blok yang bertugas di Desa Kemulan menggelar sosialisasi pentingnya pentingnya kesehatan mental dengan tujuan agar anak anak di desa kemulan dapat memiliki mental yang sehat. Kegiatan sosialisasi Kesehatan mental dibentuk dan dilaksanakan atas dasar rasa kepedulian mahasiswa KKN UM model regular blok yang bertugas di Desa Kemulan terhadap permasalahan Kesehatan mental yang sering terjadi pada usia 10-14 tahun. Terhitung jumlah anak yang mempunyai masalah mental di Indonesia sebanyak 6,6 juta jiwa.

Sosialisasi dilaksanakan dengan siswa kelas 6 SDN Kemulan 1 Kecamatan turen sebagai sasarannya dan dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2021. Kegiatan sosialisasi meliputi pemaparan pengertian Kesehatan mental, seberapa pentingnya Kesehatan mental dalam kehidupan sehari hari, ciri ciri mental yang sehat, dan cara cara menjaga Kesehatan mental melalui media poster. Penyampaian materi menggunakan gambar yang menarik dan mudah diterima masyarakat didukung oleh kreatifitas, keindahan dan ilustrasi yang tepat dapat memudahkan Siswa-siswi SDN Kemulan 1  dalam memahami penyampaian materi yang disampaiakan oleh perwakilan dari mahasiswa KKN Reguler Blok UM Desa Kemulan. Dalam menyampaikan materinya, pemateri menggunakan bahasa yang lugas dan sederhana agar mudah dipahami oleh siswa-siswi.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan membuka sesi tanya jawab bersama siswa-siswi SDN Kemulan 1 dan diakhiri dengan sesi foto Bersama. Harapannya setelah dilakukan sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan mental terutama dalam kalangan anak, maka semakin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga Kesehatan mental dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari. Selain itu, diharapkan anak-anak juga dapat menerapkan cara-cara atau tips untuk menjaga kesehatan mental secara mandiri sehingga dapat  mengendalikan dirinya untuk melakukan tindakan yang positif, lebih bahagia dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan