Mohon tunggu...
eka indah yuliani
eka indah yuliani Mohon Tunggu... Lainnya - Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Trisakti Institute of Tourism D4 Tourism Industry 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keuntungan untuk Pariwisata Dalam Meningkatkan Kesadaran Budaya

25 September 2021   01:00 Diperbarui: 25 September 2021   01:05 317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Keuntungan untuk pariwisata dalam meningkatkan kesadaran budaya

Hallo,nama saya Eka Indah Yuliani biasa dipanggil Eka, saya adalah mahasiswa STP Trisakti yang beruntung mendapatkan Beasiswa Unggulan Kemendikbud tahun 2019. Dikesempatan kali ini saya akan berbaagi tentang "Keuntungan untuk pariwisata dalam meningkatkan kesadaran budaya"

Pelayanan yg lebih baik kepada tamu internasional

  • Perbedaan budaya dari setiap Negara
  • Tentunya tamu internasional yang datang ke Negara Indonesia berasal dari berbagai Negara di seluruh dunia dan tentunya banyak sekali perbedaan budaya dan juga pelayanan yang diinginkan dari masing-masing Negara, karena itu kita harus memberi pelayanan yang sesuai dengan kriteria Negara mereka tetapi tetap dengan kebudayaan kita sendiri.
  • Citra Indonesia yang sudah baik di mata Internasional
  • Tentunya siapa saja tau bahwa citra pariwisata di mata internasional itu sangat baik, dengan keramahtamahan kita yang menjadi hal yang sangat dikagumi orang luar negeri menjadi nilai tambah untuk pariwisata karena budaya kita ini.
  • Tidak memanfaatkan perbedaan budaya
  • Maksud dari tidak memanfaatkan budaya ini misalnya orang luar negeri dengan kita tentu berbeda budaya dan juga Bahasa, maka anggap saja mereka tidak tahu akan peraturan atau harga yang tertera di money changer di pinggir jalan ataupun harga makanan dan pakaian, nah dengan keramahtamahan kita jangan dijadikan alasan untuk mengambih uang lebih dengan memanfaatkan perbedaan budaya tersebut karena membangun citra pariwisata yang baik sangatlah susah
  • Meningkatkan pelayanan dari budaya yang berbeda
  • Karena budaya yang berbeda tentunya pelayanan harus kita tingkatkan, memang benar kriteria itu berbeda beda di setiap Negara tetapi apa salahnya jika kita menyempurnakan pelayanan kita agar wisatawan puas dan kembali lagi ke Negara kita

Meningkatkan relasi dalam tempat kerja

  • Perbedaan budaya dengan pekerja lain
  • Dalam satu tempat kerja tentunya dari berbagai macam suku, budaya, agama, dan ras. Maka sari itu kita harus menghargai perbedaan yang ada
  • Membangun kenyamanan dalam tempat kerja
  • Kalau kita sudah bisa menerima perbedaan yang ada dengan artian positif, maka kenyamanan di tempat kerja akan terbentuk sendirinya
  • Membangun citra bisnis bersama
  • Dengan kenyamanan di antara pekerja tentunya dapat membangun sebuah citra bisnis bersama demi kemajuan perusahaan.

Meningkatkan bisnis                    

  • Memperbanyak cabang usaha
  • Memperbanyak cabang usaha di berbagai daerah tentunya diperlukan untuk meningkatkan bisnis yang sedang berlangsung.
  • Meningkatkan reputasi bisnis
  • Dalam meningkatkan bisnis juga tentunya memerlukan reputasi bisnis yang bagus di daerah daerah cabang usaha yang akan dibangun nanti
  • Perbedaan budaya di setiap lokasi bisnis
  • Dalam memperbanyak cabang usaha di daerah lain tentunya memiliki beberapa perbedaan budaya di setiap daerahnya. Karena itu lah kita harus menghargai perbedaan yang ada jika kita ingin reputasi kita bagus untuk meningkatkan bisnis kita.
  • Mempertahankan atau konsisten dalam bisnis
  • Setelah itu tentunya kita harus konsisten dengan bisnis, mulai dari pelayanan, sikap, produk dan juga segala aspek yang ada, jangan sampai ada kemunduran akan hal yang sudah dijalankan
  • Memberikan pelayanan lebih
  • Setelah itu kita harus memberikan pelayanan yang lebih lagi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan agar perusahaan kita tetap maju dan terus maju.

Meningkatkan industry dan reputasi organisasi

  • Memperbanyak relasi
  • Untuk meningkatkan industry tentunya kita harus memperbanyak relasi dengan reputasi yang organisasi yang baik
  • Untuk meningkatkan bisnis
  • Dengan banyaknya relasi dan reputasi yang baik akan meningkatkan bisnis kita dan akan semakin maju kedepannya
  • Menerima perbedaan budaya
  • Menerima perbedaan budaya yang ada tentunya penting dalam industry dan organisasi karena dalam segala hal apapun itu tentunya perbedaan budaya akan menjadi tolak ukur reputasi dari suatu organisasi tersebut
  • Mengevaluasi pelayanan
  • Lalu kita juga harus mengevaluasi tentang apa saja kelemahan dan kekurangan yang harus kita tingkatkan dalam pelayanan di organisasi ini

Pelayanan yang lebih baik kepada komunitas local

  • Perbedaan budaya dengan kamunitas local lain
  • Tentunya perbedaan bukan hanya saja terdapat di internasional tetapi local juga, karena beragamnya suku dan kebudayaan di Indonesia menjadikan kita harus mengerti dan memehami serta menerima perbedaan yang ada
  • Pelayanan yang lebih baik kepada tamu local
  • Pelayanan juga harus lebih ditingkatkan kepada wisatawan local karena wisatawan local lah yang sekarang banyak bepergian ataupun berwisata dan menjadi penggerak dunia pariwisata
  • Ex. Santika Hotel : Hanya menerima pegawai local
  • Santika hotel hanya menerima pegawai local saja karena ingin memberikan budaya yang beda kepada ta,mu luar negeri yang datang ke Indonesia dan menginap di santika hotel
  • Ex. Santika Hotel : Corak kamar bertemakan budaya Indonesia
  • Dengan kamarnya juga yang bertemakan Indonesia semakin membuat budaya Indonesia ini kuat kharismanya

PRESENTATION IN ENGLISH

Good morning mam ris, my name is eka indah yuliani, you can call me eka. Today I wanna tell you about benefits to the tourism and hospitality industries of improved culture awareness. Well there is five things that I want to tell you about

First, better service to international guests.

Second, improved relations in the workplace.

Third, increased returned business.

Forth, improved the industry and the organization reputations.

Fifth, better service to local community.

So lets take a look

First, better service to international guests. There is several things like

  • Cultural differences of each country
  • Of course, international guests who come to Indonesia come from various countries around the world and of course there are lots of cultural differences and also the desired service from each country, therefore we must provide services that are in accordance with the country's criteria but still with our own culture.
  • Indonesia's good image in the eyes of the international community
  • Of course, anyone knows that the image of tourism in the eyes of the international community is very good, with our hospitality which is something that foreign people greatly admire, it becomes an added value for tourism because of our culture.
  • Not taking advantages of cultural differences
  • The purpose of not taking advantage of this culture, for example, foreigners and us, of course different cultures and languages, so let's just say they don't know the rules or prices listed on the money changer on the roadside or the price of food and clothing, so our hospitality should not be used as an excuse to take more money by taking advantage of these cultural differences because building a good tourism image is very difficult
  • Improving services from different cultures
  • Because of different cultures, of course we have to improve our services, it is true that the criteria are different in each country but what's wrong if we improve our services so that tourists are satisfied and come back to our country

Second, improved relations in the workplace. There is several things like

  • Cultural differences with other worker
  • In one workplace of course from various ethnic groups, cultures, religions, and races. Therefore we must respect the differences that exist
  • Build comfort in the workplace
  • If we can accept the differences in a positive sense, then the comfort in the workplace will form itself
  • Building a business image together
  • With comfort among workers, of course, they can build a business image together for the sake of the company's progress.

Third, increased returned business. There is several things like

  • Expanding business branches
  • Expanding business branches in various regions is certainly needed to increase ongoing business.
  • Improve business reputation
  • In increasing the business, of course, it requires a good business reputation in the area of the business branch that will be built later
  • Cultural differences in each business location
  • In multiplying business branches in other regions, of course, there are some cultural differences in each region. That's why we must respect the differences that exist if we want our good reputation to improve our business.
  • Maintain or be consistent in business
  • After that, of course, we have to be consistent with the business, starting from service, attitude, product and also all existing aspects, lest there be any setbacks for what has been done.
  • Provide more services
  • After that we must provide even more services in increasing customer satisfaction so that our company continues to move forward and move forward.

Forth, improved the industry and the organization reputations. There is several things like

  • Increase relationship
  • To improve the industry, of course, we must increase the relationship with a good reputation organization
  • To increase business
  • With so many relationships and a good reputation will improve our business and will be more advanced in the future
  • Accepting cultural differences
  • Accepting the cultural differences that exist is certainly important in industry and organizations because in any case, of course, cultural differences will be a benchmark for the reputation of an organization.
  • Evaluating services
  • Then we also have to evaluate what are the weaknesses and shortcomings that we must improve in service in this organization

Last but not least, better service to local community. There is several things like

  • Cultural differences with other local communities
  • Of course, differences are not only found internationally but also locally, because the diversity of ethnicities and cultures in Indonesia makes us have to understand and understand and accept the differences that exist.
  • Better service to local guests
  • Services must also be further improved for local tourists because it is local tourists who now travel a lot or travel and become the driving force of the world of tourism
  • Ex. Santika hotel : only accepts local employees
  • Santika hotel only accepts local employees because they want to give a different culture to foreign guests who come to Indonesia and stay at the Santika hotel
  • Ex. Santika hotel : room style themed Indonesian culture
  • With the Indonesian-themed rooms, this makes Indonesian culture even more charisma

Well that's it from me. Thank you very much mam ris. See you soon.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun