Contributor:
Supangat, APP, M.Kes
D. Eka Harsanto, S.Kp, M.Kes
ABSTRAKÂ
Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan. Teknologi informasi dan media sosial serta pemanfaatannya saat ini tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran dalam dunia pendidikan.Â
Berbagai institusi pendidikan tinggi telah melakukan investasi dalam teknologi informasi dan media sosial sebagai upaya meningkatkan kualiatas pendidikan serta membelanjakan sumber keuangannya untuk melakukan update terhadap teknologi informasi.Â
Hal ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap motivasi dan tata cara dalam belajar serta untuk mencapai prestasi belajar yang memuaskan, apalagi berada dalam masa Pandemi Covid-19 saat ini.
Penelitian observasional (survei-analitik) dengan desain cross-sectional ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan teknologi informasi dan penggunaan media sosial dengan prestasi belajar mahasiswa dalam masa Pandemi Covid-19.Â
Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kepemilikan komputer/PC, laptop, notebook, komputer tablet, smartphone dan semacamnya; kemampuan mahasiswa dalam aplikasi office (word, powerpoint, excel dan semacamnya); kemampuan mahasiswa dalam menggunakan internet beserta fasilitasnya (wireless/hotspot, google, email, website, blog, aplikasi Zoom);Â
penggunaan teknologi informasi sebagai fasilitas pendukung dalam belajar oleh pengajar dalam mengajar sebelum dan selama masa pandemi; serta penggunaan media sosial (facebook, whatsApp, twitter, instagram, YouTube dan semacamnya) oleh mahasiswa yang kemudian akan dihubungkan dengan prestasi belajar mahasiswa, yang membandingkan antara sebelum dan selama pandemi Covid-19.
Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis. Semua tahapan dan proses analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi komputer pengolah/analisis data (SPSS). Analisis univariat dilakukan untuk melihat distribusi dan presentase variabel dependen dan setiap variabel independen.Â
Analisis bivariat dilakukan untuk melihat hubungan setiap variabel independen terhadap variabel dependen, serta menentukan variabel independen yang paling berhubungan. Jika memungkinkan, analisismultivariat juga dilakukan.