Mohon tunggu...
eka fitriani larasati
eka fitriani larasati Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Mom Blogger Illustrator Bandung

Mom Blogger Illustrator Bandung yang menyukai seni, desain, musik, film, buku dan senang berbagi cerita mengenai topik lifestyle

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Berobat Penyumbatan Saluran Batu Empedu di Rumah Sakit Peserta BPJS

19 November 2021   11:00 Diperbarui: 19 November 2021   11:04 644 5 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sakit batu empedu adalah sakit dengan gejala yang agak mirip dengan asam lambung atau magh. Rasa sakit disekitar ulu hati dan tembus hingga ke punggung. Jika dalam jangka waktu tertentu anda mengalami sakit seperti itu dan tidka kunjung sembuh, maka anda harus curiga kalau sakit yang dirasakan itu bukan maag atau GERD melainkan batu empedu maka saya sarankan untuk segera menemui dokter penyakit dalam di rumah sakit. Mengapa? karena dokter penyakit dalam akan melakukan diagnosa secara khusus terkait sakit yang sahabat rasakan terutama dengan gejala yang sahabat rasakan. Dokter akan meminta sahabat untuk melakukan tes darah, urine dan USG untuk melihat angka bilirubin, keton, warna urine dan tentu melihat keberadaan batu melalui USG.

Jika dokter menyatakan positif ada batu empedu maka dokter penyakit dalam akan menyarankan menemui dokter bedah umum atau digestif untuk tindakan medis selanjutnya.

Pasien dengan “hanya” sakit batu empedu, maka bisa dilakukan tindakan operasi laparoskopi sementara pasien batu empedu disertai penyumbatan di saluran empedu maka diperlukan penanganan yang lebih melalui serangkaian tes yang juga berbeda dengan sekadar hanya ada batu di kantong empedu. Ada banyak serangkaian tes yang harus dilakukan sebelum dijadwalkan operasi. Bentuk operasinya bagaimana? saya ceritakan di bawah ya.

Kali saya akan menjelaskan proses berobat Penyumbatan saluran empedu dan batu empedu ya. Dimulai dari tahap awal berobat. Part 2 ini khusus bagi sahabat yang juga menggunakan BPJS untuk berobat di rumah sakit. ,

Langkah - langkah berobat Bagi Peserta BPJS 

Bagi anda yang sedang mengalami sakit batu empedu, berikut saya paparkan alur berobat medis menggunakan BPJS, baik BPJS Mandiri, KIS dan PBI. Bagi anda peserta BPJS Mandiri, ada hal - hal yang perlu diperhatikan sebelum berobat, diantaranya :

  1. Pastikan sudah membayar tagihan atau melunasi tunggakan

  2. Jika ingin pindah kelas, segera lakukan proses mutasi status kepesertaan BPJS seminggu sebelum berobat medis

  3. Jika ingin pindah ke PBI ( ditanggung pemerintah), lakukan 2 - 3 Minggu sebelum berobat. Karena prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Alur Berobat Batu Empedu atau Penyumbatan Saluran Empedu

Ini adalah pengalaman saya berobat medis menggunakan BPJS. Sebelum saya lanjut berobat, hal pertama yang saya lakukan adalah pindah kelas atau mutasi BPJS. Awalnya saya adalah peserta BPJS mandiri kelas 2, tapi karena satu hal dan yang lainnya akhirnya saya dan suami memutuskan untuk pindah kelas atau mutasi ke kelas 3 dengan status peserta BPJS PBI ( gratis, ditanggung pemerintah). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan