Mohon tunggu...
Eka Aprilia
Eka Aprilia Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Manajemen dalam BK

4 April 2019   12:59 Diperbarui: 4 April 2019   13:26 0 2 0 Mohon Tunggu...

Assalamualakum Wr.Wb.

Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita pernah mendengar mengenai manajemen, terutama menajemen pendidikan, namun  ada beberapa macam manjemen baik itu manajemen pendidkan, manajmen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemne pemasaran, manajemen informasi, manajemen keangan, manajemen operasi dan lain sebagainya.

Namun dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai manajemen dalam bimbingan dan konseling. Apasih manajemen itu? apa yang dimaksud dengan manajemen bimbingan dan konseling?, untuk apa dilakukan manajemen bimbingan dan konseling?

Apasih yang dimaksud dengan manajemen?

Manajemen secara bahasa berasal dari bahasa inggris yaitu "manajemen" yang artinya mengurus atau kemempauan untuk menjalankan dan mengontrol. Jadi, dapat ikatakan ahwa manajemen adalah ilmu untuk mengatur proses pemanfaatan baik itu sumber daya manusia, lingkungan, fasilitas, sarana dan prasarana secara  lebih efektif dan efisien.

Lalu apa yang dimaksud dengan manajemen dalam bimbingan dan konseling?

Konseling sendiri merupakan kegiatan atau aktivitas yang administratif, yang meliputi pelaporan dan perekaman, perencanaan dan kontrol anggaran dan pengaturan sumber daya. Dari penjelasan diatas maka dapat dikatakan abhwa manajemen dalam bimbingan dsn konseling adalah kegitan untuk menjalankan atau mengontrol yang dilakukan oleh konselor untuk memfasilitasi fungsi dari bimbvingan dan konseling baik itu dai perencanaan, pengorganisasian, bahkan dalam pelaksanaan dan evaluasi untuk mencapai tujuan dari bimbingan dan konseling itu sendiri secara lebih efektif dan efisien.

Jadi, manajemen dalam bimbingan dan konseling ialah proses bantuan atau pertolongan yuang diberikan oleh konselor kpeda klien melalui sebuah pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antar keduamnya agar klien memiliki kemampuan atau kecakapan dalam menemukan /maupun melihat masalah-masalahnya sehingga mamapu memecahkan masalahnya sendiri.

Apa tujuan dari manajemen dalam bimbingan dan konseling?

Tujuan dilakukannya manajemen dalam bimbingan dan konseling misalnya dalam aspek akademik siswa ialah agar siswa memiliki sikap dan kebiasaan belajar positif,sisiwa semakin termotivasi untuk belajar sehingga perstasi siswa meningkat, mendorong sisiwa agara memiliki keterampilan dalam belajar sehingga dalam melakukan pembelajaran tersebut lebih efektif, mendorong sisiwa untuk memiliki kisiapan abaik mental ataupun kemampuan untuk menhadapi ujian.

Jadi, itulah yang dimaksud dengan manajemen dalam bimbingan dan konseling. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat. Terimakasih telah membaca artikel ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb