Mohon tunggu...
Egya Novallino ginting
Egya Novallino ginting Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

hobi bercerita dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Politik

Apa Sih Ilmu Sosial dan Politik Itu?

10 Agustus 2022   10:28 Diperbarui: 10 Agustus 2022   10:28 93 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Haii semuanya, nah artikel ini akan membahas sejumlah informasi tentang ilmu sosial dan politik. Nah, istilah  ilmu sosial dan politik sendiri berasal dari 2 kata nih, yaitu sosiologi dan politik. Sosiologi merupakan ilmuan yang mempelajari tentang masyarakat, kelompok kelompok sosial, dan tingkah laku individu maupun konteks sosial. Kalau politik sendiri ilmu yang mempelajari kekuasaan sebagai konsep inti. Jadi guys dapat kita simpulkan bahwasanya bahwa sosiologi politik merupakan ilmu tentang kekuasaan, pemerintahan, otoritas, dan komando di dalam semua masyarakat manusia, tidak hanya di dalam masyarakat nasional. Nah bagi Sebagian ilmuan mereka sendiri memiliki macam macam pendapat tentang pengertian sosial dan politik yaitu :

  • Sherman dan Kolker, menurut sherman Sosiologi politik adalah ilmu yang mempelajari partisipasi dalam pembuatan keputusan tentang suatu kehidupan.
  • Keith Faulks, menurut keith Sosiologi politik merupakan studi mengenai hubungan kekuasaan yang saling tergantung (interdependen) antara negara dan masyarakat sipil.

Untuk masalah sosial politik sendiri sudah banyak dikenal oleh bangsa Indonesia sedari lama, kalua untuk urusan politik bangsa Indonesia sudah banyak melakukan kegiatan politik sejak kemerdekaan. Namun sangat diakui untuk saat ini kondisi politik di Indonesia mengalami tingkat yang bisa dibilang "Buruk", mengapa demikian? Hal ini dikarena banyaknya politisi di negara ini yang melakukan korupsi, memanipulasi hal hal, sehingga Indonesia tidak lagi menaati nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara yang diamalkan didalam kehidupan sehari hari. Hal ini sangat disayangkan, karena pancasila adalah dasar negara yang menjadi simbol dari bangsa ini. Pancasila adalah alat pemersatu bangsa. 

Dan pancasila adalah pedoman bagi kehidupan bermasyarakat. Kehidupan sosial politik di Indonesia didasarkan oleh pancasila dalam sila ke 4 yang dimana bunyinya yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawarahan perwakilan. Nah pola pikir ini yang harus kita rubah untuk menjadikan sosial dan politik di Indonesia bisa Kembali membaik, kita juga harus menjadi manusia yang berpikir kritis untuk kemajuan bangsa, dan juga kita harus bisa menemukan solusi bukan hanya menanggapi dengan santai masalah sosial dan politik yang ada di indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan